Contoh Soal NAVIGASI RADAR DAN ELEKTRONIKA 
NKPI (Nautika Kapal Penangkap Ikan)
SMKN 2 Cipatujah  

bagian A



1.      Suatu sistem dimana menggunakan frequensi dalam menangkap suatu objek yang tidak kita ketahui disebbut  ......
a.       ARPA
b.      Ecosounder
c.       RADAR
d.      Satelite
e.       GPS
2.      Alat navigasi yang dapat di gunakan untuk mengukur kedalaman laut adalah .....
a.       RADAR
b.      GPS
c.       Echosounder
d.      ARPA
e.       EPIRB
3.      Alat untuk mengukur kecepatan kapal adalah .....
a.       GPS
b.      Topdal
c.       Ecosounder
d.      RADAR
e.       ECDIS
4.      Bagian yang berfungsi dalam menerima sinyal pantul yang lemah menguatkannya pada level tertentu dan mengubah informasi yang sesuai adalah .....
a.       Antena
b.      Receiver
c.       Transmiter
d.      Indicator
e.       Satelite
5.      Waktu saat kapal akan berpapasan pada jarak terdekat dinamakan .......
a.       TCPA ( time crossing of Point Approach)
b.      Target
c.       CPA ( clossest point of Approach)
d.      Heading
e.       CTG
6.      Haluan sejati dari objek disebut .....
a.        TCPA ( time crossing of Point Approach)
b.      Target
c.       CPA ( clossest point of Approach)
d.      Heading
e.       CTG
7.      Untuk mengetahui informasi target agar dapat di baca oleh User. Konfigurasi indicator dan format informasi bergantung pada aplikasi radar dan kebutuhan user adalah kegunaan untuk .........
a.       Transmitter
b.      ARPA
c.       GPS
d.      Receiver
e.       Indicator
8.      Tata cara kerja yang harus dilaksanakan pada waktu kapal mengalami suatu keadaan diluar keadaan normal yang mempunyai tingkat kecenderungan akan dapat membahayakan kapal dan muatannya, adalah fungsi dari ....
a.       Ship board emergency contigency plans
b.      Abandon ship
c.       Co-ordinating of search and rescue operation
d.      Rescue cordination center
e.       Emergency drill


9.      Sebutkan penyebab terjadinya keadaan darat di kapal .......
a.       Kesalahan manusia (human erroe)
b.      Kesalahan peralatan
c.       Pelanggaran terhadap peraturan
d.      Kerusakan mesin
e.       Semua benar
10.  Sebutkan organisasi dalam co-ordinating of search and rescue operations ....
a.       One scence commander
b.      SAR
c.       Co-ordination surface search
d.      Coast earth station
e.       Rescue cordination center
11.  Faktor apakah penyebab pencarian korban tidak berhasil ?
a.       Salah penentuan datum
b.      Yang di cari sangat kecil
c.       Keadaan cuaca tidk mendukung
d.      Alat keselamatan tidak memadai
12.  Pertimbangan-pertimbangan seorang nakhoda untuk melakuka perintah “abandon ship” adalah ......
a.       Kapal di perairan akan meledak sehingga dapat membahayakan ABK stsu orsng ysng ada di atas kapal
b.      Kondisi yang sangat parah
c.       Kebakaran yang tidak bisa di atasi
d.      Kapal mulai tenggelam
e.       Semua jawaban benar
13.  Emergency fire pump, fire hydrant, hose, nozle, smookn ditector, fire ditector system, termasuk dalam ....
a.       Life safety appliance
b.      Emergency appliance
c.       Fire fighting apparatus
d.      Emergency prosedure
e.       Emergency equipment
14.  Latihan untuk meninggalkan kapal menggunakan sekoci atau pemakaian life jacket oleh awak kapal atau penumpang adalah ......
a.       Boat drill
b.      Fire drill
c.       Search and rescue
d.      Abandon ship
e.       Man over board
15.  Tindakan awal yang di lakukan apabila terjadi kebakaran adalah ....
a.       Bunyikan sirine bahaya
b.      Regu penolong siap dilokasi
c.       Tugas 1 orang untuk mengamati orang terjatuh agar tetap terlihat
d.      Kamar mesin di beri tahu
e.       Hubungi orang darat
16.  Staiun radio pantai yang bertugas melakukan kordinasi operasi-operasi pencarian dan penyelamatan yang diinformasikan pada interval waktu yang teratur dan sewaktu-waktu keadaan dapat berubah adalah ......
a.       Coast stasion radio
b.      Co-ordination surface search
c.       Coast earth station
d.      Rescue cordination center
e.       Rescue sub center
17.  Tiga (3) tiup panjang secara terus menerus dengan interval 10 detik adalah insyarat untuk .........
a.       Kebakaran
b.      Orang jatuh kelaut
c.       Meninggalkan kapal
d.      Kapal kandas
e.       Tubrukan
18.  Tujuh (7) tiup pendek dan satu (1) tiup panjang secara terus menerus dengan interval waktu 10 detik adlah isyarat untuk ........
a.       Kebakaran
b.      Orang jatuh kelaut
c.       Meninggalkan kapal
d.      Kapal kandas
e.       Tubrukan
19.  Langkah awal yang segera di lakukan jika kapal tubrukan adalah ....
a.       Bri tahu nakhoda
b.      Lampu lampu deck dinyalakan
c.       Bunyi sirine/dalam bahaya
d.      VHF pindah ke chennel 16
e.       Menuju muster station

20.  Tindakan-tindakan yang hanrus di lakukan bila mendekati dan berada di daerah datum dari kapal yang mengalami musibah yaitu ....
a.       Memperlihatkan kapal kepada para korban, seperti : menggunakan smoke signal, red hand flare dan lain-lain
b.      Menyiapkan tali-tali buangan, tangga tangga dan jala-jala penyelamat pada kedua sisilambung kapal
c.       Menyiapkan sebuah inflatable life reft (bilamana perlu di kembangkan terlebih dahulu)
d.      Menyiapkan tenaga dan alat-alat medis
e.       Menyiapkan alat-alat keselamatan
21.  Tindakan awal yang harus segera di ambil oleh setiap kapal pada saat menerima pesan bahaya (distress) dari kapal lain adalah ........
a.       Komunikasikan informasi berikut ke kapal lain yang mengirim pesam DISTRESS
b.      Hubungi nakhoda
c.       Menyiapkan alat-alat keselamatan
d.      Oprasikan dan monitor radar secara terus-menerus
e.       Monitor posisi kapal
22.  Tindakan-tindakan yang harus di lakukan oleh kapal-kapal penolong setelah dekat dngan are marabahaya adalah .....
a.       Menggunakan pasilitas RDF secara penuh ke HOME untuk membawa kapal ke lokasi marabahaya
b.      Selalu menginformasikan ke CRS tentang hasil pengamatan yang di peroleh secara visual maupun menggunakan radar
c.       Memanfaatkan lampu sorot dan penerangan permukaan
d.      Membunyikan suing untuk menarik perhatian kapal lain
e.       Semua benar
23.  Darimanakah kapal dan navigator mengetahui adanyabahaya dari kapal lain ....
a.       Satelit
b.      Pesawat radio secara langsung atau relay
c.       GPS
d.      RADAR
e.       ECDIS
24.  Salah satu informasi yang di sampaikan oleh CRS (coast radio station) kepada RCC atau RSC yaitu .....
a.       Wakt kejadian
b.      Jenis kapal
c.       Nama dan call sign dari kapal / craft
d.      Riwayat kapal
e.       Muatan yang di bawa
25.  Penampilan radar dimana haluan yang di kemujdikan menunjukan pada angka nol (0°) dari skala kursor layar radar bukan arah utara di sebut .....
a.       Course-up
b.      Speed-up
c.       North-up
d.      Ship head-up
e.       Relative motion



26.  Koreksi-koreksi yang dilakukan sebelum menentukan posisi kapal dengan RDF sangat di perlukan terutama di sebsbkan ....
a.       Karena adanya perubahan-perubahan letak antena atau bangunan-bangunan di anjungan
b.      Karena pegeseran waktu
c.       Perubahan lingkungan
d.      Perubahan frequensi
e.       Perubahan kecepatan kapal
27.  Untuk mencari frequensi suatu stasiun radio Beacon dapat di gunakan tombol .....
a.       Band switch
b.      Tuning
c.       Wave from
d.      Gain receiver
e.       Start
28.  Dalam penentuan posisi kapal harus di cari satu atau dua stasiun yang lain yang ada di peta yang arah baringannya bersilan dengan arah stasiun pertama. Untuk itu arah garis baringan dengan menggunakan .......
a.       Tombol tuning
b.      Band switch
c.       Wave from
d.      Tombol kursor
e.       Tombol menu
29.  Pada siang hari biasya keslahan radar sangat besar di bandingkn dengan malam hari. Hal ini di sebabkan karena pada siang hari ......
a.       Lapisan ion di atmosfer di ionisasi oleh matahari
b.      Amplitudo suhu sangat besar
c.       Pengaruh penguapan
d.      Pengaruh embun
e.       Pengaruh pantulan sinar matahari
30.  Kesalahan-kesalahan baringan dalam penentuan posisi pesawat RDF yang di sebabkan adanya pegaruh malam ialah dari tiga baringan atau lebih akan berakibat .....
a.       Timbulnya kedudukan segi tiga
b.      Timbulnys garis ganda
c.       Timbul posisi baringan
d.      Hilangnya garis posisi
e.       Hilangnya kepercayaan





Soal uraian :
1.      Jelaskan yang di maksud dengan “antenna scanning”
2.      Jelaskan yang di maksud dengan “radar beacon” dan “radio beacon”
3.      Jelaskan cara kerja GPS
4.      Bagaimana tata cara menghidupkan radar?
5.      Bagaimana tata cara menghidupkan GPS ?






Comments

Popular Posts