Contoh Soal NAVIGASI RADAR DAN ELEKTRONIKA
NKPI (Nautika Kapal Penangkap Ikan)
SMKN 2 Cipatujah
bagian A
1. Suatu
sistem dimana menggunakan frequensi dalam menangkap suatu objek yang tidak kita
ketahui disebbut ......
a. ARPA
b. Ecosounder
c. RADAR
d. Satelite
e. GPS
2. Alat
navigasi yang dapat di gunakan untuk mengukur kedalaman laut adalah .....
a. RADAR
b. GPS
c. Echosounder
d. ARPA
e. EPIRB
3. Alat
untuk mengukur kecepatan kapal adalah .....
a. GPS
b. Topdal
c. Ecosounder
d. RADAR
e. ECDIS
4. Bagian
yang berfungsi dalam menerima sinyal pantul yang lemah menguatkannya pada level
tertentu dan mengubah informasi yang sesuai adalah .....
a. Antena
b. Receiver
c. Transmiter
d. Indicator
e. Satelite
5. Waktu
saat kapal akan berpapasan pada jarak terdekat dinamakan .......
a. TCPA
( time crossing of Point Approach)
b. Target
c. CPA
( clossest point of Approach)
d. Heading
e. CTG
6. Haluan
sejati dari objek disebut .....
a. TCPA ( time crossing of Point Approach)
b. Target
c. CPA
( clossest point of Approach)
d. Heading
e. CTG
7. Untuk
mengetahui informasi target agar dapat di baca oleh User. Konfigurasi indicator
dan format informasi bergantung pada aplikasi radar dan kebutuhan user adalah
kegunaan untuk .........
a. Transmitter
b. ARPA
c. GPS
d. Receiver
e. Indicator
8. Tata
cara kerja yang harus dilaksanakan pada waktu kapal mengalami suatu keadaan
diluar keadaan normal yang mempunyai tingkat kecenderungan akan dapat membahayakan
kapal dan muatannya, adalah fungsi dari ....
a. Ship
board emergency contigency plans
b. Abandon
ship
c. Co-ordinating
of search and rescue operation
d. Rescue
cordination center
e. Emergency
drill
9. Sebutkan
penyebab terjadinya keadaan darat di kapal .......
a. Kesalahan
manusia (human erroe)
b. Kesalahan
peralatan
c. Pelanggaran
terhadap peraturan
d. Kerusakan
mesin
e. Semua
benar
10. Sebutkan
organisasi dalam co-ordinating of search and rescue operations ....
a. One
scence commander
b. SAR
c. Co-ordination
surface search
d. Coast
earth station
e. Rescue
cordination center
11. Faktor
apakah penyebab pencarian korban tidak berhasil ?
a. Salah
penentuan datum
b. Yang
di cari sangat kecil
c. Keadaan
cuaca tidk mendukung
d. Alat
keselamatan tidak memadai
12. Pertimbangan-pertimbangan
seorang nakhoda untuk melakuka perintah “abandon ship” adalah ......
a. Kapal
di perairan akan meledak sehingga dapat membahayakan ABK stsu orsng ysng ada di
atas kapal
b. Kondisi
yang sangat parah
c. Kebakaran
yang tidak bisa di atasi
d. Kapal
mulai tenggelam
e. Semua
jawaban benar
13. Emergency
fire pump, fire hydrant, hose, nozle, smookn ditector, fire ditector system,
termasuk dalam ....
a. Life
safety appliance
b. Emergency
appliance
c. Fire
fighting apparatus
d. Emergency
prosedure
e. Emergency
equipment
14. Latihan
untuk meninggalkan kapal menggunakan sekoci atau pemakaian life jacket oleh
awak kapal atau penumpang adalah ......
a. Boat
drill
b. Fire
drill
c. Search
and rescue
d. Abandon
ship
e. Man
over board
15. Tindakan
awal yang di lakukan apabila terjadi kebakaran adalah ....
a. Bunyikan
sirine bahaya
b. Regu
penolong siap dilokasi
c. Tugas
1 orang untuk mengamati orang terjatuh agar tetap terlihat
d. Kamar
mesin di beri tahu
e. Hubungi
orang darat
16. Staiun
radio pantai yang bertugas melakukan kordinasi operasi-operasi pencarian dan
penyelamatan yang diinformasikan pada interval waktu yang teratur dan
sewaktu-waktu keadaan dapat berubah adalah ......
a. Coast
stasion radio
b. Co-ordination
surface search
c. Coast
earth station
d. Rescue
cordination center
e. Rescue
sub center
17. Tiga
(3) tiup panjang secara terus menerus dengan interval 10 detik adalah insyarat
untuk .........
a. Kebakaran
b. Orang
jatuh kelaut
c. Meninggalkan
kapal
d. Kapal
kandas
e. Tubrukan
18. Tujuh
(7) tiup pendek dan satu (1) tiup panjang secara terus menerus dengan interval
waktu 10 detik adlah isyarat untuk ........
a. Kebakaran
b. Orang
jatuh kelaut
c. Meninggalkan
kapal
d. Kapal
kandas
e. Tubrukan
19. Langkah
awal yang segera di lakukan jika kapal tubrukan adalah ....
a. Bri
tahu nakhoda
b. Lampu
lampu deck dinyalakan
c. Bunyi
sirine/dalam bahaya
d. VHF
pindah ke chennel 16
e. Menuju
muster station
20. Tindakan-tindakan
yang hanrus di lakukan bila mendekati dan berada di daerah datum dari kapal
yang mengalami musibah yaitu ....
a. Memperlihatkan
kapal kepada para korban, seperti : menggunakan smoke signal, red hand flare
dan lain-lain
b. Menyiapkan
tali-tali buangan, tangga tangga dan jala-jala penyelamat pada kedua
sisilambung kapal
c. Menyiapkan
sebuah inflatable life reft (bilamana perlu di kembangkan terlebih dahulu)
d. Menyiapkan
tenaga dan alat-alat medis
e. Menyiapkan
alat-alat keselamatan
21. Tindakan
awal yang harus segera di ambil oleh setiap kapal pada saat menerima pesan
bahaya (distress) dari kapal lain adalah ........
a. Komunikasikan
informasi berikut ke kapal lain yang mengirim pesam DISTRESS
b. Hubungi
nakhoda
c. Menyiapkan
alat-alat keselamatan
d. Oprasikan
dan monitor radar secara terus-menerus
e. Monitor
posisi kapal
22. Tindakan-tindakan
yang harus di lakukan oleh kapal-kapal penolong setelah dekat dngan are
marabahaya adalah .....
a. Menggunakan
pasilitas RDF secara penuh ke HOME untuk membawa kapal ke lokasi marabahaya
b. Selalu
menginformasikan ke CRS tentang hasil pengamatan yang di peroleh secara visual
maupun menggunakan radar
c. Memanfaatkan
lampu sorot dan penerangan permukaan
d. Membunyikan
suing untuk menarik perhatian kapal lain
e. Semua
benar
23. Darimanakah
kapal dan navigator mengetahui adanyabahaya dari kapal lain ....
a. Satelit
b. Pesawat
radio secara langsung atau relay
c. GPS
d. RADAR
e. ECDIS
24. Salah
satu informasi yang di sampaikan oleh CRS (coast radio station) kepada RCC atau
RSC yaitu .....
a. Wakt
kejadian
b. Jenis
kapal
c. Nama
dan call sign dari kapal / craft
d. Riwayat
kapal
e. Muatan
yang di bawa
25. Penampilan
radar dimana haluan yang di kemujdikan menunjukan pada angka nol (0°) dari
skala kursor layar radar bukan arah utara di sebut .....
a. Course-up
b. Speed-up
c. North-up
d. Ship
head-up
e. Relative
motion
26. Koreksi-koreksi
yang dilakukan sebelum menentukan posisi kapal dengan RDF sangat di perlukan
terutama di sebsbkan ....
a. Karena
adanya perubahan-perubahan letak antena atau bangunan-bangunan di anjungan
b. Karena
pegeseran waktu
c. Perubahan
lingkungan
d. Perubahan
frequensi
e. Perubahan
kecepatan kapal
27. Untuk
mencari frequensi suatu stasiun radio Beacon dapat di gunakan tombol .....
a. Band
switch
b. Tuning
c. Wave
from
d. Gain
receiver
e. Start
28. Dalam
penentuan posisi kapal harus di cari satu atau dua stasiun yang lain yang ada
di peta yang arah baringannya bersilan dengan arah stasiun pertama. Untuk itu
arah garis baringan dengan menggunakan .......
a. Tombol
tuning
b. Band
switch
c. Wave
from
d. Tombol
kursor
e. Tombol
menu
29. Pada
siang hari biasya keslahan radar sangat besar di bandingkn dengan malam hari.
Hal ini di sebabkan karena pada siang hari ......
a. Lapisan
ion di atmosfer di ionisasi oleh matahari
b. Amplitudo
suhu sangat besar
c. Pengaruh
penguapan
d. Pengaruh
embun
e. Pengaruh
pantulan sinar matahari
30. Kesalahan-kesalahan
baringan dalam penentuan posisi pesawat RDF yang di sebabkan adanya pegaruh
malam ialah dari tiga baringan atau lebih akan berakibat .....
a. Timbulnya
kedudukan segi tiga
b. Timbulnys
garis ganda
c. Timbul
posisi baringan
d. Hilangnya
garis posisi
e. Hilangnya
kepercayaan
Soal uraian :
1. Jelaskan
yang di maksud dengan “antenna scanning”
2. Jelaskan
yang di maksud dengan “radar beacon” dan “radio beacon”
3. Jelaskan
cara kerja GPS
4. Bagaimana
tata cara menghidupkan radar?
5. Bagaimana
tata cara menghidupkan GPS ?
Comments
Post a Comment