Contoh Soal PERMESINAN KAPALNKPI (Nautika Kapal Penangkap Ikan)SMKN 2 Cipatujah 

Bagian I





1.      Ciri-ciri celah klep yang longgar adalah .......
a.       Suara motor menjadi kasar
b.      Suara halus dan tidak berisik
c.       Suaranya merdu seperti desiran pasir
d.      Suaranya dapat di dengar dan mempunyai intonasi
e.       Terdapat letupan di pembuangan
2.      Menurut macam-macam bahan bakar terdiri dari bahan bakar padat, bahan bakar gas dan ......
a.       Bahan bakar minyak tanak
b.      Bahan bakar petralium
c.       Bahan bakar cair
d.      Bahan bakar udara
e.       HSD
3.      Ciri-ciri klep sempit diantaranya dalah.....
a.       Daya motor menurun dari standar normal
b.      Pemakaian bahan bakar boros
c.       Gas buang tidak keluar dari silinder
d.      Klep menempel sehingga terjadi kebocoran
e.       Silinder head jebol
4.      Keuntngan dari mesin bakar dalam di banding dengan mesin bakar luar adalah .......
a.       Konstruksinya lebih sederhana
b.      Memerlukan fluida kerja yang banyak
c.       Efisiensi totalnya lebih rendah
d.      Bahan bakar yang di gunakan lebih beragam
e.       Mudah mendapatkan sparepart
5.      Tujuan utama perbaikan dan perawatan mesin adlah ....
a.       Menambah daya mesin
b.      Memperpanjang usia mesin
c.       Mengurangi gesekan pada mesin
d.      Menambah biaya mesin
e.       Menambah biaya perawatan
6.      Pungsi dari pompa adalah .......
a.       Memindahkan zat cair dari suatu tempat ke tempat yang lain
b.      Memindahkan zat cair
c.       Menghisap zat yang lebih rendah
d.      Menghisap zat yang lebih tinggi
e.       Memindahkan air
7.      Bahan bakar mesin desel dia atas kapal adlah ..........
a.       Bensin
b.      Fuel oil
c.       Benzonat
d.      Gas
e.       Solar
8.      Bolge pump adalah alat pemompa cairan pada kapal baisanya pada ruang mesin yang berfungsi untuk .......
a.       Mengeluarkan bahan bakar dari tangki penampung ke mesin
b.      Mengeluarkan kotoran dari kamar mesin
c.       Membuang air got dari kamar mesin
d.      Memindahkan air tawar dari tangki penampung
e.       Membuang muatan dari palka
9.      Jenis mesin pembantu yang berfungsi sebagai penghasil tenaga listrik di kapal adalah .....
a.       Pump
b.      Diesel gnerator
c.       Mesin penggerak utama
d.      Air compresor
e.       Crane
10.  Peralatan untuk mengabutkan bahan bakar minyak menjadi bagian yang kecil halus seperti kabut dalam merupakan fungsi dari ......
a.       Feel oil valve
b.      Exhause valve
c.       Cylinder cover
d.      Cylinder head
e.       Turbo charger
11.  Yang termauk bagian utama dari mesin desel yang tidak bergerak yaitu.........
a.       Batang torak
b.      Torak piston
c.       Pengabut
d.      Cylinder liner
e.       Fuel oil valve
12.  Untuk motor diesel 4 takterdapat 2x TMA yaitu ......
a.       Motor tidak dapat di hidupkan
b.      TMA saat akhir kompresi dan satu lagi TMA akhir langkah buang
c.        TMA saat awal kompresi dan satu lagi TMA akhir langkah buang
d.      TMA saat perubahan kompresi dan TMA akhir langkah buang
e.       Semua benar
13.  System-system yang menunjang kerja motor diesel penggerak utama adalah salah satu system minyak pelumas/lubricating oil system yang mempuinyai fungsi ........
a.       Memperkecil koefisien gesek yang terjadi pada mesin
b.      Untuk proses pembakaran dalam silinder
c.       Sebagai minyak pemanas dalam mesin
d.      Sebagai bahan bakar alternatif
e.       Sebagai langkah hisap
14.  Berikut ini yang bukan gejala-gejala/ indicator bahwa minyak pelumas sudah rusak dan tidak boleh di pakai lagi adalah .....
a.       Minyak pelumas berwarna hitam Dan cepat encer dimungkinkan ring toraak sudah aus
b.      Warna pelumas berwarna kehijauan seperti lumpur di mungkinkan bercampur air laut
c.       Warna pelumas keputih-putihan seperti susu dimungkinkan bercampur air tawar
d.      Pelumas berwarna jernih dan kental
e.       Semua salah


15.   
Screenshot_20191130-182355_1
Torak piston menerima transfer energi dari gas panas, selanjutnya di pakai usaha mekanik. Gerak naik turun torak di rubah menjadi gerak putar di poros engkol, prhatikan gambar bagian dari piston torak di atas yang di beri dengan no. 2 mnunjukan .....
a.       Torak
b.      Pegas-pegas torak
c.       Pena torak
d.      Torak trok
e.       Piston
16.  Gambar bagian piston yang di beri no.1 pada gambar soal no 16. Menunjukan .....
a.       Torak
b.      Pegas-pegas torak
c.       Pena torak
d.      Torak trunk
e.       Kruk piston


17.   

Screenshot_20191130-182428_1 yang termasuk bagian utama pada mesin desel, pada gambar berikut ini yaitu ......
a.       Batang torak
b.      Pena torak
c.       Pegas torak
d.      Baut
e.       Obeng
18.  Berikut ini merupakan bagian utama dari mesin diesel salah satunya adalah pengabut fuel oil valve bagian-bagian yang terdapat pada gambar pengabut fuel oil valve di bawah ini yang di beri nomor 2 menunjukan .......
Screenshot_20191130-182436_1 
a.       Pengabut
b.      Jarum pengabut
c.       Pompa bahan bakar tekanan tinggi
d.      Poros nok
e.       Poros engkol
19.  Mesin diesel termasuk dalam mesin pembakaran dalam apa saja yang terlibat dalam proses pembakaran dalam silinder .........
a.       Nozel dan pompa minyak
b.      Bahan bakar untuk pembakaran
c.       Sistem pelumasan pada bagian yang bergerak
d.      Udara pembakaran dengan temperatur dan tekanan yang tinggi
e.       Pompa pemanas lubrician oil
20.  Yang dimaksud pembilasan pada mesin 2 tak yaitu .........
a.       Pemasukan atau pengisian udara baru dalam silinder
b.      Pengeluaran gas bekas pembakaran
c.       Proses penempatan udara dalam silinder
d.      Pembuangan gas sisa pembakaran dari dalam silinder
e.       Pengabutan dalam pembakaran
21.  Contoh dari mesin pembakaran luar adalah ........
a.       Mesin bensin dan mesin diesel
b.      Mesin uap dan mesin turbin
c.       Mesin rocket dan meson jet
d.      Memsin uap dan mesin diesel
e.       Mesin motor dan mesin traktor
22.  Yang di maksud dengan pendingin terbuka pada sistem pendinginan adalah ......
a.       Pendinginan motor diesel dengan media air laut secara langsung
b.      Pendinginan motor diesel dengan medi air laut secara tidak langsung
c.       Pendinginan motor diesel dengan media air tawar secara langsung
d.       Pendinginan motor diesel dengan media air tawar secara tidak langsung
e.       Pendinginan dengan semua jenis air


23.  Keuntungan dari pendinginan terbuka pada sistem pendinginan permesinan kapal adalah ..........
a.       Sistemnya cukup sederhana, tidak perlu tangki ekspansi, cooler hingga baiaya lebih murah.
b.      Media pendingin/air tawar selalu tesedia
c.       Proses pendinginan lebih cepat karena menggunakan cooler
d.      Dengan media
e.       Semua salah
24.  Berikut ini yang tidak merupakan kekurangan dari pendinginan tertutup pada system pendinginan permesinan kapal yaitu .......
a.       Dengan media air tawar
b.      Pengaturan suhu
c.       Ketergantungan terhadar persediaan air tawar pendingin
d.      Mudah diatur lewat cooler
e.       Mudah di atur lewat perbaikan
25.  Dengan adanya fresh water cooling expansion tank berfungsi untuk .......
a.       Systemnya cukup sederhana, tidak perlu tangki ekspansi, cooler hingga biaya lebih murah
b.      Media pendingin/air tawa selalu tersedia
c.       Proses pendinginannya lebih cepat karena menggunakan cooler
d.      Ruang berkembangnya air tawar pendingin ketika panas agar pipa-pipanya tidak pecah
e.       Semuanya benar
26.  Aliran air tawar dan air laut pendinginannya da 2 yaitu .....
a.       Aliran air laut pendingin dan aliran air tawar pendingin
b.      Aliran pipa air tawar yaitu biru
c.       Medium dan radiasi
d.      Radium yang tinggi dan marine diesel
e.       MFO dan HSD
27.  Untuk kapal kapal besar, bahan yang di gunakan khusus untuk motor diesel antara lain bahan bakar minyak berat/ heavy fuel oil yang di sebut .......
a.       MFO (marine fuel oil atau IFO )
b.      HP/KW diesel
c.       TMA oil
d.      TMB oil
e.       Semua benar
28.  Yang di maksud dengan pengisian tekanan pada motor diesel adalah ......
a.       Untuk kapal-kapal besar, bahan yang di gunakan khusus untuk motor diesel
b.      MFO (marine fuel oil)
c.       Memasukan udara sebanyak-banyaknya kedalam silinder dengan tekanan lebih dari 1 Atm
d.      Aliran air laut pendingin
e.       Aliran air tawar pendingin
29.  Pada system pengisian tekanan terdiri dari 2 sisi yaitu ....
a.       MFO (marine fuel oil atau IFO )
b.      Memasukan udara sebanyak-banyaknya kedalam silinder dengan tekanan lebih dari 1 Atm
c.       Aliran air laut pendingin
d.      Aliran air tawar pendingin
e.       Gas buang dan TMB





30.  Untuk motor disel 4 tak tedapar 2 tak TMA yaitu, TMA saat akhir kompresi dan TMA akhir langkah buang. Untuk TMA akhir di tandai dengan .........
a.       Motor tidak dapat di hidupkan
b.      Suara motor nyaring di dengar
c.       Bebas push road tidak menekan rocker arm
d.      Top buang motor dapat hidup
e.       Mesin manjadi kasar



Soal uraian
1.      Jelaskan mengapa mesin inboard tidak di perkenankan menggunakan bahan bakar yang dapat menguap ( bensin)
2.      Mengapa out board dapat kita temukan pada kapal dengan konstruksi yang sederhana dan tidak memerlukan daya yang besar, berikan contoh dan jenis kapal yang menggunakan mesin out board !
3.      Mengapa pada mesin out board kebanyakan di sarankan menggunakan bahan bakar yang cepat menguap?
4.      Sebutkan mesin mesin penggerak utama pada kapal !
5.      Sebutkan nama-nama bagian pada kapal sesuai pada nomor yang sudah ada
Screenshot_20191130-182459_1 


Comments

Popular Posts