CONTOH SOAL BANGUNAN DAN STABILITAS KAPAL PENANGKAP IKAN NAUTIKA KAPAL PENANGKAP IKAN NKPI
1.
Ukuran
pokok kapal terdiri dari . . .
A.
Membujur
dan Longitudinal
B.
Membujur
C.
Melebar
dan Transverzal
D.
Melintang
dan Longitudinal
E.
Membujur
dan Memanjang
2.
Panjang
kapal yang di ukur dari haluan terdepan sampai buritan paling belakang disebut
. . .
A.
LOA
B.
LOWL
C.
LBP
D.
LWA
E.
LPP
3.
Bagian
terbawah kapal disebut . . .
A.
Wrang
B.
Lunas
C.
Confferdam
D.
Gading
E.
Linggi
4.
Fungsi
kulit kapal adalah . . .
A.
Sebagai
kekuatan membujur kapal
B.
Sebagai
kekuatan melintang kapal
C.
Pengendali
arah gerak kapal
D.
Penghasil
gaya dorong kapal
E.
Menghubungkan
gading-gading kapal
5.
Kerangka
kapal dimana kulit kapal di letakkan disebut . . .
A.
Gading
B.
Wrang
C.
Linggi
D.
Double
Buttom
E.
Sekat
Tubrukan
6.
Bagian
kapal yang fungsinya menjadi keselamatan jika terjadi kebocoran kapal adalah .
. .
A.
Gading
B.
Wrang
C.
Double
Buttom
D.
Sekat
Pelanggaran
E.
Linggi
7.
Ton
per-Inch IMMERSIONS (TPI) ialah
jumlah berat yang di perlukan untuk menambah/mengurangi sarat kapal sebesar . .
.
A.
10
cm
B.
1
cm
C.
1
M
D.
1
INCHI
E.
Menambah/mengurangi
per-Cm
8.
K
– M ialah jarak tegak dari . . . sampai titik M
A.
Lunas
Kapal
B.
Garis
Air
C.
Deck
D.
Garis
Benaman
E.
Garis
sarat Kapal
9.
Plat-plat
yang di sambung menjadi lajur yang terdapat pada badan kapal bisa disebut . . .
A.
Kulit
Kapal
B.
Dubling
C.
Refleting
D.
Confferdam
E.
Gading
10. Ruangan yang dipergunakan untuk menurunkan titik B atau
memperbesar kapasitas BALLAST disebut . . .
A.
Deep
Tank
B.
Kell
C.
Tanki
Penyeimbang
D.
Sekat
Pelanggaran
E.
Sekat
kedap Air
11. Dimanakah pengukuran sarat kapal dan lambung bebas . .
.
A.
Di
ukur pada tengah-tengah kapal
B.
Di
ukur pada LOA
C.
Di
ukur sesuai BKI
D.
Di
ukur pada keadaan tegak
E.
Semuanya
benar
12. Jika panjang kapal 220 – 285 M dan kamar mesin di
Tengah maka berapa jumlah sekat kedap air . . .
A.
5
B.
3,5
C.
1,5%
D.
4
E.
10
13. Fakto-faktor yang mempengaruhi stabilitas kapal ialah
(kecuali) . . .
A.
Tata
letak barang
B.
Angin
C.
Bentuk
kapal
D.
Ombak
dan alun
E.
Bridge/anjungan
14. Klasifikasi kapal di Indonesia yang di akui Dunia
adalah . . .
A.
BKI
B.
ABS-USA
C.
BV
D.
CCS
E.
DNV
15. Suatu keadaan stabilitas dimana titik “G” berada di
atas “M” disebut dengan stabilitas . . .
A.
Stabilitas
Positif
B.
Stabilitas
Negatif
C.
Stabilitas
Netral
D.
Stabilitas
Melintang
E.
Stabilitas
Center of Gravity
16. Khusus untuk stabilitas statis di peruntukkan untuk
kapal-kapal . . .
A.
Kapal
Negara
B.
Kapal
Republik Indonesia
C.
Kapal
Diam
D.
Kapal
Niaga
E.
Kapal
Ikan
17. Pada dasarnya kapal akan mengalami senget atau
oleng/miring, jika kapal mengalami senget yang tidak biasa sampai 20˚ maka itu terjadi karena . . .
A.
Kesalahan
Pemuatan
B.
Pengaruh
dari Luar
C.
Gaya
dari Dalam
D.
Titik
“GM” yang Negatif
E.
Semuanya
benar
18. Berat dari sarana dan alat-alat untuk mengoperasikan
kapal dimana tanpa alat-alat tidak bisa berlayar, adalah pengertian dari . . .
A.
Operating
Load (OL)
B.
Light
Displacement
C.
LD
D.
Dead
Wight Ton
E.
DWT
19. Stabilitas melintang kapal dapat menjadi sudut senget
kecil yaitu . . .
A.
0˚
– 15˚
B.
7˚
– 14˚
C.
0˚
– 45˚
D.
>15˚
E.
Sesuai
kemudi yang dikemudikan
20. Letak nilai B di atas lunas kapal bukanlah titik
tetap, akan tetapi berpindah pindah oleh adanya perubahan sarat kapal,
berapakah nilai titik “KB” pada type kapal “U” Buttom . . .
A.
0,5d
B.
0,50d
C.
0,53d
D.
0,67d
E.
Salah
semua
21. Di tinjau dari pembuatannya, kapal kapal yang bukan NON
komersial adalah ........
a.
Kapal pemerintah
b.
Kapal meteorologi
c.
Kapal kapal besar
d.
Kapal layar
e.
Kapal dagang
22. Kapal – kapal dengan tugas khusus seperti kapal Polisi
dan kapal Bea Cukai termasuk ....
a.
Kapal survei
b.
Kapal kerja
c.
Kapal niaga
d.
Kapal hankam
e.
Kapal curah
23. Untuk mempertinggi daya apung cadangan dapat juga untuk
tempat akomodasi crew disebut ............
a.
Anjungan
b.
Agil
c.
Ballast tank
d.
Bridge house
e.
Fore castle
24. Kapal barang dan kapal penumpang adalah kapal barang yang
dapat menyediakan akomodasi lebih dri .............. penumpang
a.
10
b.
25
c.
100
d.
20
e.
13
25.
Gambar
bentuk buritan di atas adalah ............................
a.
Buritan bebas
b.
Buritan counter
c.
Buritan eliptik
d.
Buritan rata
e.
Buritan depan
26.
Gambar
bentuk haluan di atas adalah .............
a.
Haluan boul
b.
Haluan lurus
c.
Haluan spoon
d.
Haluan berumbi
e.
Haluan meier
27. Pada ukuran kapal memanjang atau membujur ada yang
dinamakan panjang sepanjang garis tegak juga di sebut ...........
a.
Length overall (LOA)
b.
Length between
perpendicular (LBP)
c.
After perpendiculars
(AP)
d.
Length on the load
waterline (LOWL)
e.
Registerd length (RL)
28. Pada kapal barang, perangkat kemudi bantu
persyaratan garis tengah poros kemudi pada posisi CELAGA berukuran .........
a.
10”
b.
14”
c.
18”
d.
1”
e.
60”
29. Pada konstruksi kemudi biasa pada daun kemudi
terletak ........
a.
50% di belakang arah poros putarnya
b.
80% di belakang arah poros putarnya
c.
100% di belakang arah poros putarnya
d.
60 % di belakang arah poros putarnya
e.
70% di belakang arah poros putarnya
30. Ukuran kapal yang di sebut ukuran melintang atau melebar
sebuah kapal adalah ............
a.
Longitudinal
b.
Transverzal
c.
Komersial
d.
Horizontal
e.
Longitudinal dan
horizontal
31. Sebutkan yang tidak termasuk ukuran tegak (vertical)
sebuah kapal .........
a.
Sarat kapal
b.
Tinggi
c.
Dalam tonase
d.
Lambung bebas
e.
Dalam
32. Sebutkan yang tidak termasuk jenis tonase kapal di bawah
ini .........
a.
Isi kotor (gross
tonase = bruto register ton)
b.
Isi bersih (net
tonase= nato register ton)
c.
Isi ruangan
d.
Isi tolak
(displacement = berat benaman)
e.
Isi kamar mesin
33. Yang tidak termasuk Biro Klasifikasi Indonesia (BKI)
dalam melakukan pengawasan pengelasan kapal adalah ............
a.
Pengetesan peralatan
dan perlengkapan
b.
Pengadaan suevei -
survei
c.
Pembiayaan material
d.
Pemberian
sertifikat-sertifikat
e.
Percobaan atau
pengetesan peralatan
34. Pada konstruksi buritan cruiser di pasang gading-gading
miring untuk perkuatan deck atasnya. Jarak gading-gading tersebut tidak lebih
dari .......
a.
9 mm
b.
6 mm
c.
610 mm
d.
660 mm
e.
68 mm
35. Pada kemudi berimbang penuh bagian daun kemudi
berada ....
a.
20-25 %
b.
25-30 %
c.
15-20 %
d.
10-15%
e.
Tidak
merewang sama sekali
36. Yang bukan di sebut markah kambangan adalah ......
a.
Markah benaman
b.
Daya apung cadangan
c.
Deck line (garis
deck)
d.
Tanda plimsol
(plimsol mark)
e.
Geladak lambung bebas
37. BKI atau Biro Klasifikasi Indonesia adalah badan hukum
untuk mengawasi pengfelasan kapal-kapal sedang dibangun di Indonesia.
Kalau Lloyd’s regiter dari negara mana ?
.......
a.
Berlin (Inggris)
b.
Glasgow (Nedrland)
c.
London (England)
d.
Paris (Francis)
e.
Amerika
38. Di bawah ini merupakan ukuran kapal secara tegak .....
a.
LOA
b.
LBP
c.
LOWL
d.
LOWL dan LBP
e.
Lambung bebas
39. Di bawah inirumus untuk mencari nilai GM ialah .........
a.
GM= KM = KG
b.
GM = KM : KG
c.
GM= KM + KG
d.
KM= KM x KG
e.
GM = KM x KG
40. Panjang yang di ukur dari titik terdepan dari sebuah
linggi halan sampai ke titik terbelakang dari buritan kapal disebut ?
...........
a.
Panjang ke samping
b.
Panjang sepanjang
garis tegak
c.
Panjang sepanjang
garis air
d.
Panjang seluruhnya
e.
Panjang sarat kapal
41. Di bawah ini merupakan ukuran-ukuran pokok secara
melintang .....
a.
Lebar dalam
b.
Sarat kapal
c.
Lambung bebas
d.
Dalam
e.
Sarat dan lambung
bebas
42. Jika di ketahui KM = 21,75 dan KG akhir setelah
muat/bongkar = 18,95 m, hitung berapa GM akhir ........
a.
40,60 m
b.
3,950 m
c.
2,8 m
d.
2,95 m
e.
2,85 m
43. Untuk mengetahui letak, struktur tempat dan fungsi dari
kapal merupakan kegunaan dari .......
a.
Mempelajari
stabilitas kapal
b.
Mempelajari tata cara
memuat kapal
c.
Mengetahui lebar
kapal
d.
Mempelajari bangunan
kapal
e.
Kapal
44. Sifat kecenderungan sebuah kapal karena gaya-gaya dari
luar sampai kapal kembali ke posisi tegaknya disebut ....
a.
Gaya kapal
b.
Stabilitas/keseimbangan
sebuah kapal
c.
Ukuran kapal
d.
Gaya berat
e.
Bangunan kapal
45. Apa yang di maksud dengan titik G (center of gravity)
............
a.
Titik tangkap dari
gaya ssamping kapal
b.
Titik dari gaya-gaya
apung
c.
Titik tangkap dari
semua gaya-gaya yang bekerja di bawah permukaan air
d.
Sebuah titik yang
berada di atas titik M (metacentis)
e.
Titik tangkap dari
gaya-gaya ke atas
46. Jarak yang di ukur dari garis air sampai ke geladak bebas
disebut ...
a.
Sarat kapal
b.
Lebar kapal
c.
Lambun bebas
d.
Dalam
e.
Draft
47. Titik tangkap dari semua gaya-gaya yang bergerak ke atas
disebut ...
a.
Titik M
b.
Titik G
c.
Titik K
d.
Titik B
e.
Titik center Of
grafity
48. Lambung bebas, draft dan tinggi merupakan ukuran pokok
kapal secara......
a.
Menyamping
b.
Membujur
c.
Melintang
d.
Melebar
e.
Vertikal
49. Dalam perhitungan kapal ada beberapa macam satbilitas
yaitu ada ......... macam
a.
Satu
b.
Dua
c.
Tiga
d.
Empat
e.
Lima
50. Yang mendapat tekanan paling besar dari ombak dan angin
konstruksinya lebih kuat dari yang lainnya yaitu ......
a.
Lambung
b.
Anjungan
c.
Buritan
d.
Haluan
e.
Lambung dan anjungan
51. Jarak yang di ukura dari kiri ke kanan kapal di sisi ketebalan
kulit kapal di sebut ........
a.
Ukuran dalam
b.
Panjang seluruhnya
c.
LOA
d.
LBP
e.
Lebar luar
52. Di bawah ini merupakan beban-beban yang bekerja pada
badan kapal .............. (kecuali)
a.
Beaban statis
b.
Beban dinamis
frewensi
c.
Beban yang tumbuh
akibat pukulan gelombang pada lambung kapal
d.
Beban materil
e.
Beban dinamis
53. Rumus untuk mencari KM di bawah ini yang benar adalah
.....
a.
Km=KB=GM
b.
Km=KB+GM
c.
Km=GM-KG
d.
Km=GM+KG
e.
Km=KB-GM
54. Panjang kapal di ukur dari perpotongan garis air dengan
tinggi depan sampai ke titik perpotongan garis air dengan tinggi belakang
disebut ............
a.
LOA
b.
LBP
c.
LOWL
d.
Lebar luar
e.
Lebar dalam
55. Lebar kapal seperti tertera pada sertifikat kapal disebut
...........
a.
Lebar ekstrim
b.
Lebar dalam
c.
Lebar terdaftar
d.
Lebar yang di ukur
e.
Lebar sarat kapal
56. Jarak tegak yang di ukur dari titk terendah badan kapal
sampai titik geladak lambung bebas di sebut ......
a.
Sarat kapal
b.
Lambung bebas
c.
Dalam
d.
Lebar ekstrim
e.
Lebar dalam
57. Titik tangkap dari semua gaya – gaya yang bekerja di
bawah permukaan di sebut....
f.
Titik M
g.
Titik B
h.
Titik S
i.
Titik G
j.
Titik M&B
58. Jika titik G berada M di sebut stabilitas ? ...........
a.
Stabilitas netral
b.
Stabilitas positif
c.
Stabilitas negatif
d.
Stabilitas senget
e.
Stabilitas melintang
59. Jika momen akhir 111.000 dan seluruh berat yang terdapat
di kapal 8.000 ton berapakah KG akhir kapal tersebut ? ............
a.
14,875 m
b.
14,785 m
c.
13,875 m
d.
13.785 m
e.
13,758 m
60. Jarak yang di ukur dari keel (kulit kapal bagian bawah)
sampai ke garis air di sebut .........
a.
Dalam
b.
Panjang seluruhnya
c.
Lambung bebas
d.
Panjang sepanjang
garis air
e.
Sarat kapal/draff
kapal
61. Jika di dpat KG akhir di dapat setelah muat/bongkar 25,8
meter dan di ketahui KM= 27,6 meter. Berapakah GM akhir ............
a.
8,01 meter
b.
1,80
c.
1,08
d.
53,40
e.
35,40
62. Yang tidak termasuk dalam ilmu bangunan kapal adalah
............
a.
Konstruksi
b.
Desain
c.
Bentuk
d.
Crew atau anggotanya
e.
Pengoprasiuannya
63. Gading-gading yang ada di sepanjang poros baling-baling
disebut ........
a.
Gading-gading cermin
b.
Gading-gading buritan
atau nol
c.
Gading-gading simpul
d.
Gading haluan
e.
Gading-gading besar
64. Gading-gading yang letaknya di sekat pelanggaran di sebut
........
a.
Gading-gading cermin
b.
Gading-gading buritan
atau nol
c.
Gading-gading simpul
d.
Gading haluan
e.
Gading-gading besar
65. Gading-gading pada kapal di pasang untuk memperkuat
..........
a.
Konstruksi melintang
kapal
b.
Konstruksi memanjang
kapal
c.
Konstruksi membujur
kapal
d.
Konstruksi melebar
kapal
e.
Konstruksi melintang
dan membujur kapal
66. Selain membantu stabilitas kapal, ballast dan dasar
berganda berguna untuk ....
a.
Menambah kekuatan
melintang kapal
b.
Memuat bahan bakar
c.
Menyimpan air minum
untuk di kapal
d.
Menampung air got
kapal
e.
Menyimpan
barang-barang kapal (gudang)
67. Di dalam dasar berganda atau double bottom ada yang di
sebut WRANG, yang terdiri dari 3 macam yaitu wrang terbuka, wrang tertutup dan
wrang penuh. Sebutkan suku bagian dari wrang penuh .......
a.
Bracker
b.
Lempeng samping
c.
Penguat batang rata
d.
Gading-gading
membujur dasar bawah
e.
Lobang piringan
68. Sebutkan suku bagian wrang terbuka pada sistem krangka
melintang di bawah ini ........
a.
Lubang air
b.
Lubang udara
c.
Pnguat batang
d.
Man hole (lubang
orang)
e.
Lubang peringan
69. Gading-gading pada haluan jaraknya lebih rapat satu sama
lain pada jarak kurang lebih ..........panjang kapal dari linggi
a.
20 %
b.
18%
c.
26%
d.
15%
e.
13%
70. Suatu bilangan dalam milimeter yang menujukan perubahan
sarat kapal jika berlayar dari air tawar ke lautan atau sebaliknya adalah .....
a.
DWA
b.
Volume
c.
DWT
d.
FWA
e.
Berat jenis
71. Sebtkan gambar kemudi di bawah ini
a.
Kemudi semi berimbang
b.
Kemudi biasa
c.
Kemudi berimbang
d.
Kemudi luar biasa
e.
Kemudi berimbang dan
semi berimbang
72. Sebutkan type geladak kapal di bawah ini
a.
Kapal geladak rata
b.
Kapal geladak tenda
c.
Kapal geladak tiga
pulau
d.
Kepal geladak shelter
tertutup
e.
Kapal geladak shelter
ESSAI
1.
Jelaskan
5 bagian kapal !
2.
Jika
Bulbous kapal mengalami kebocoran, apakah kapal akan tenggelam ?mengapa
demikian ?
3.
Sebuah
kapal memiliki LPP 122M, LWL 127 M, B 19M, T 11M, dan CB = 0,6 , maka hitunglah
displacemen kapal !
4.
Jelaskan
5 jenis haluan dan 5 jenis buritan !
5.
Sebutkan
dan gambarkan titik-titik penting dalam stabilitas !
6.
a.. Apa pengertian
dari Plimsol Mark
b. Apa pengertian pintu kedap air
c. Apa pengertian haluan
d. Apa pengertian buritan
7.
tuliskan 10 bagian
kapal
8.
Tuliskan fungsi dari
sekat kedap air di kapal
9.
Sebutkan titik-titik
penting pada stabilitas kapal
What is the best mobile casino in the world? - DRMCD
ReplyDeleteIt is a great solution for 하남 출장샵 all types of 바카라 players. It can be an easy to navigate 밀양 출장마사지 online 부산광역 출장샵 casino, if you know where to play, with online 울산광역 출장샵 casino