CONTOH SOAL BANGUNAN DAN STABILITAS KAPAL PENANGKAP IKAN NAUTIKA KAPAL PENANGKAP IKAN NKPI

🔁


1.      Ukuran pokok kapal terdiri dari . . .
A.    Membujur dan Longitudinal
B.     Membujur
C.     Melebar dan Transverzal
D.    Melintang dan Longitudinal
E.     Membujur dan Memanjang
2.      Panjang kapal yang di ukur dari haluan terdepan sampai buritan paling belakang disebut . . .
A.    LOA
B.     LOWL
C.     LBP
D.    LWA
E.     LPP
3.      Bagian terbawah kapal disebut . . .
A.    Wrang
B.     Lunas
C.     Confferdam
D.    Gading
E.     Linggi
4.      Fungsi kulit kapal adalah . . .
A.    Sebagai kekuatan membujur kapal
B.     Sebagai kekuatan melintang kapal
C.     Pengendali arah gerak kapal
D.    Penghasil gaya dorong kapal
E.     Menghubungkan gading-gading kapal
5.      Kerangka kapal dimana kulit kapal di letakkan disebut . . .
A.    Gading
B.     Wrang
C.     Linggi
D.    Double Buttom
E.     Sekat Tubrukan
6.      Bagian kapal yang fungsinya menjadi keselamatan jika terjadi kebocoran kapal adalah . . .
A.    Gading
B.     Wrang
C.     Double Buttom
D.    Sekat Pelanggaran
E.     Linggi
7.      Ton per-Inch IMMERSIONS (TPI) ialah jumlah berat yang di perlukan untuk menambah/mengurangi sarat kapal sebesar . . .
A.    10 cm
B.     1 cm
C.     1 M
D.    1 INCHI
E.     Menambah/mengurangi per-Cm
8.      K – M ialah jarak tegak dari . . . sampai titik M
A.    Lunas Kapal
B.     Garis Air
C.     Deck
D.    Garis Benaman
E.     Garis sarat Kapal
9.      Plat-plat yang di sambung menjadi lajur yang terdapat pada badan kapal bisa disebut . . .
A.    Kulit Kapal
B.     Dubling
C.     Refleting
D.    Confferdam
E.     Gading
10.  Ruangan yang dipergunakan untuk menurunkan titik B atau memperbesar kapasitas BALLAST disebut . . .
A.    Deep Tank
B.     Kell
C.     Tanki Penyeimbang
D.    Sekat Pelanggaran
E.     Sekat kedap Air
11.  Dimanakah pengukuran sarat kapal dan lambung bebas . . .
A.    Di ukur pada tengah-tengah kapal
B.     Di ukur pada LOA
C.     Di ukur sesuai BKI
D.    Di ukur pada keadaan tegak
E.     Semuanya benar
12.  Jika panjang kapal 220 – 285 M dan kamar mesin di Tengah maka berapa jumlah sekat kedap air . . .
A.    5
B.     3,5
C.     1,5%
D.    4
E.     10
13.  Fakto-faktor yang mempengaruhi stabilitas kapal ialah (kecuali) . . .
A.    Tata letak barang
B.     Angin
C.     Bentuk kapal
D.    Ombak dan alun
E.     Bridge/anjungan
14.  Klasifikasi kapal di Indonesia yang di akui Dunia adalah . . .
A.    BKI
B.     ABS-USA
C.     BV
D.    CCS
E.     DNV
15.  Suatu keadaan stabilitas dimana titik “G” berada di atas “M” disebut dengan stabilitas . . .
A.    Stabilitas Positif
B.     Stabilitas Negatif
C.     Stabilitas Netral
D.    Stabilitas Melintang
E.     Stabilitas Center of Gravity
16.  Khusus untuk stabilitas statis di peruntukkan untuk kapal-kapal . . .
A.    Kapal Negara
B.     Kapal Republik Indonesia
C.     Kapal Diam
D.    Kapal Niaga
E.     Kapal Ikan
17.  Pada dasarnya kapal akan mengalami senget atau oleng/miring, jika kapal mengalami senget yang tidak biasa sampai 20˚  maka itu terjadi karena . . .
A.    Kesalahan Pemuatan
B.     Pengaruh dari Luar
C.     Gaya dari Dalam
D.    Titik “GM” yang Negatif
E.     Semuanya benar
18.  Berat dari sarana dan alat-alat untuk mengoperasikan kapal dimana tanpa alat-alat tidak bisa berlayar, adalah pengertian dari  . . .
A.    Operating Load (OL)
B.     Light Displacement
C.     LD
D.    Dead Wight Ton
E.     DWT
19.  Stabilitas melintang kapal dapat menjadi sudut senget kecil yaitu . . .
A.    0˚ – 15˚
B.     7˚ – 14˚
C.     0˚ – 45˚
D.    >15˚
E.     Sesuai kemudi yang dikemudikan  

20.  Letak nilai B di atas lunas kapal bukanlah titik tetap, akan tetapi berpindah pindah oleh adanya perubahan sarat kapal, berapakah nilai titik “KB” pada type kapal “U” Buttom . . .
A.    0,5d
B.     0,50d
C.     0,53d
D.    0,67d
E.     Salah semua
21.  Di tinjau dari pembuatannya, kapal kapal yang bukan NON komersial adalah ........
a.       Kapal pemerintah
b.      Kapal meteorologi
c.       Kapal kapal besar
d.      Kapal layar
e.       Kapal dagang
22.  Kapal – kapal dengan tugas khusus seperti kapal Polisi dan kapal Bea Cukai termasuk ....
a.       Kapal survei
b.      Kapal kerja
c.       Kapal niaga
d.      Kapal hankam
e.       Kapal curah
23.  Untuk mempertinggi daya apung cadangan dapat juga untuk tempat akomodasi crew disebut ............
a.       Anjungan
b.      Agil
c.       Ballast tank
d.      Bridge house
e.       Fore castle
24.  Kapal barang dan kapal penumpang adalah kapal barang yang dapat menyediakan akomodasi lebih dri .............. penumpang
a.       10
b.       25
c.       100
d.      20
e.       13
25.   
     
Gambar bentuk buritan di atas adalah ............................
a.       Buritan bebas
b.      Buritan counter
c.       Buritan eliptik
d.      Buritan rata
e.       Buritan depan
26.   
Gambar bentuk haluan di atas adalah .............
a.       Haluan boul
b.      Haluan lurus
c.       Haluan spoon
d.      Haluan berumbi
e.       Haluan meier
27.  Pada ukuran kapal memanjang atau membujur ada yang dinamakan panjang sepanjang garis tegak juga di sebut ...........
a.       Length overall (LOA)
b.      Length between perpendicular (LBP)
c.       After perpendiculars (AP)
d.      Length on the load waterline (LOWL)
e.       Registerd length (RL)
28.  Pada kapal barang, perangkat kemudi bantu persyaratan garis tengah poros kemudi pada posisi CELAGA berukuran .........
a.                             10”
b.                            14”
c.                             18”
d.                            1”
e.                             60”
29.  Pada konstruksi kemudi biasa pada daun kemudi terletak ........
a.       50%  di belakang arah poros putarnya
b.      80%  di belakang arah poros putarnya
c.       100%  di belakang arah poros putarnya
d.      60 %  di belakang arah poros putarnya
e.       70%  di belakang arah poros putarnya
30.  Ukuran kapal yang di sebut ukuran melintang atau melebar sebuah kapal adalah ............
a.       Longitudinal
b.      Transverzal
c.       Komersial
d.      Horizontal
e.       Longitudinal dan horizontal
31.  Sebutkan yang tidak termasuk ukuran tegak (vertical) sebuah kapal .........
a.       Sarat kapal
b.      Tinggi
c.       Dalam tonase
d.      Lambung bebas
e.       Dalam
32.  Sebutkan yang tidak termasuk jenis tonase kapal di bawah ini .........
a.       Isi kotor (gross tonase = bruto register ton)
b.      Isi bersih (net tonase= nato register ton)
c.       Isi ruangan
d.      Isi tolak (displacement = berat benaman)
e.       Isi kamar mesin
33.  Yang tidak termasuk Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) dalam melakukan pengawasan pengelasan kapal adalah ............
a.       Pengetesan peralatan dan perlengkapan
b.      Pengadaan suevei - survei
c.       Pembiayaan material
d.      Pemberian sertifikat-sertifikat
e.       Percobaan atau pengetesan peralatan
34.  Pada konstruksi buritan cruiser di pasang gading-gading miring untuk perkuatan deck atasnya. Jarak gading-gading tersebut tidak lebih dari .......
a.       9 mm
b.      6 mm
c.       610 mm
d.      660 mm
e.       68 mm
35.  Pada kemudi berimbang penuh bagian daun kemudi berada ....
a.       20-25 %
b.      25-30 %
c.       15-20 %
d.      10-15%
e.       Tidak merewang sama sekali
36.  Yang bukan di sebut markah kambangan adalah ......
a.       Markah benaman
b.      Daya apung cadangan
c.       Deck line (garis deck)
d.      Tanda plimsol (plimsol mark)
e.       Geladak lambung bebas
37.  BKI atau Biro Klasifikasi Indonesia adalah badan hukum untuk mengawasi pengfelasan kapal-kapal sedang dibangun di Indonesia. Kalau  Lloyd’s regiter dari negara mana ? .......
a.       Berlin (Inggris)
b.      Glasgow (Nedrland)
c.       London (England)
d.      Paris (Francis)
e.       Amerika
38.  Di bawah ini merupakan ukuran kapal secara tegak .....
a.       LOA
b.      LBP
c.       LOWL
d.      LOWL dan LBP
e.       Lambung bebas
39.  Di bawah inirumus untuk mencari nilai GM ialah .........
a.       GM= KM = KG
b.      GM = KM : KG
c.       GM= KM + KG
d.      KM= KM x KG
e.       GM = KM x KG
40.  Panjang yang di ukur dari titik terdepan dari sebuah linggi halan sampai ke titik terbelakang dari buritan kapal disebut ? ...........
a.       Panjang ke samping
b.      Panjang sepanjang garis tegak
c.       Panjang sepanjang garis air
d.      Panjang seluruhnya
e.       Panjang sarat kapal
41.  Di bawah ini merupakan ukuran-ukuran pokok secara melintang .....
a.       Lebar dalam
b.      Sarat kapal
c.       Lambung bebas
d.      Dalam
e.       Sarat dan lambung bebas
42.  Jika di ketahui KM = 21,75 dan KG akhir setelah muat/bongkar = 18,95 m, hitung berapa GM akhir ........
a.       40,60 m
b.      3,950 m
c.       2,8 m
d.      2,95 m
e.       2,85 m
43.  Untuk mengetahui letak, struktur tempat dan fungsi dari kapal merupakan kegunaan dari .......
a.       Mempelajari stabilitas kapal
b.      Mempelajari tata cara memuat kapal
c.       Mengetahui lebar kapal
d.      Mempelajari bangunan kapal
e.       Kapal
44.  Sifat kecenderungan sebuah kapal karena gaya-gaya dari luar sampai kapal kembali ke posisi tegaknya disebut ....
a.       Gaya kapal
b.      Stabilitas/keseimbangan sebuah kapal
c.       Ukuran kapal
d.      Gaya berat
e.       Bangunan kapal
45.  Apa yang di maksud dengan titik G (center of gravity) ............
a.       Titik tangkap dari gaya ssamping kapal
b.      Titik dari gaya-gaya apung
c.       Titik tangkap dari semua gaya-gaya yang bekerja di bawah permukaan air
d.      Sebuah titik yang berada di atas titik M (metacentis)
e.       Titik tangkap dari gaya-gaya ke atas
46.  Jarak yang di ukur dari garis air sampai ke geladak bebas disebut ...
a.       Sarat kapal
b.      Lebar kapal
c.       Lambun bebas
d.      Dalam
e.       Draft
47.  Titik tangkap dari semua gaya-gaya yang bergerak ke atas disebut ...
a.       Titik M
b.      Titik G
c.       Titik K
d.      Titik B
e.       Titik center Of grafity
48.  Lambung bebas, draft dan tinggi merupakan ukuran pokok kapal secara......
a.       Menyamping
b.      Membujur
c.       Melintang
d.      Melebar
e.       Vertikal
49.  Dalam perhitungan kapal ada beberapa macam satbilitas yaitu ada ......... macam
a.       Satu
b.      Dua
c.       Tiga
d.      Empat
e.       Lima
50.  Yang mendapat tekanan paling besar dari ombak dan angin konstruksinya lebih kuat dari yang lainnya yaitu ......
a.       Lambung
b.      Anjungan
c.       Buritan
d.      Haluan
e.       Lambung dan anjungan
51.  Jarak yang di ukura dari kiri ke kanan kapal di sisi ketebalan kulit kapal di sebut ........
a.       Ukuran dalam
b.      Panjang seluruhnya
c.       LOA
d.      LBP
e.       Lebar luar
52.  Di bawah ini merupakan beban-beban yang bekerja pada badan kapal .............. (kecuali)
a.       Beaban statis
b.      Beban dinamis frewensi
c.       Beban yang tumbuh akibat pukulan gelombang pada lambung kapal
d.      Beban materil
e.        Beban dinamis
53.  Rumus untuk mencari KM di bawah ini yang benar adalah .....
a.       Km=KB=GM
b.      Km=KB+GM
c.       Km=GM-KG
d.      Km=GM+KG
e.       Km=KB-GM
54.  Panjang kapal di ukur dari perpotongan garis air dengan tinggi depan sampai ke titik perpotongan garis air dengan tinggi belakang disebut ............
a.       LOA
b.      LBP
c.       LOWL
d.      Lebar luar
e.       Lebar dalam
55.  Lebar kapal seperti tertera pada sertifikat kapal disebut ...........
a.       Lebar ekstrim
b.      Lebar dalam
c.       Lebar terdaftar
d.      Lebar yang  di ukur
e.       Lebar sarat kapal
56.  Jarak tegak yang di ukur dari titk terendah badan kapal sampai titik geladak lambung bebas di sebut ......
a.       Sarat kapal
b.      Lambung bebas
c.       Dalam
d.      Lebar ekstrim
e.       Lebar dalam
57.  Titik tangkap dari semua gaya – gaya yang bekerja di bawah  permukaan di sebut....
f.        Titik M
g.      Titik B
h.      Titik S
i.        Titik G
j.        Titik M&B
58.  Jika titik G berada M di sebut stabilitas ? ...........
a.         Stabilitas netral
b.        Stabilitas positif
c.         Stabilitas negatif
d.        Stabilitas senget
e.         Stabilitas melintang
59.  Jika momen akhir 111.000 dan seluruh berat yang terdapat di kapal 8.000 ton berapakah KG akhir kapal tersebut ? ............
a.         14,875 m
b.        14,785 m
c.         13,875 m
d.        13.785 m
e.         13,758 m
60.  Jarak yang di ukur dari keel (kulit kapal bagian bawah) sampai ke garis air di sebut .........
a.       Dalam
b.      Panjang seluruhnya
c.       Lambung bebas
d.      Panjang sepanjang garis air
e.       Sarat kapal/draff kapal
61.  Jika di dpat KG akhir di dapat setelah muat/bongkar 25,8 meter dan di ketahui KM= 27,6 meter. Berapakah GM akhir ............
a.       8,01 meter
b.      1,80
c.       1,08
d.      53,40
e.       35,40
62.  Yang tidak termasuk dalam ilmu bangunan kapal adalah ............
a.       Konstruksi
b.      Desain
c.       Bentuk
d.      Crew atau anggotanya
e.       Pengoprasiuannya
63.  Gading-gading yang ada di sepanjang poros baling-baling disebut ........
a.       Gading-gading cermin
b.      Gading-gading buritan atau nol
c.       Gading-gading simpul
d.      Gading haluan
e.       Gading-gading besar
64.  Gading-gading yang letaknya di sekat pelanggaran di sebut ........
a.       Gading-gading cermin
b.      Gading-gading buritan atau nol
c.       Gading-gading simpul
d.      Gading haluan
e.       Gading-gading besar
65.  Gading-gading pada kapal di pasang untuk memperkuat ..........
a.       Konstruksi melintang kapal
b.      Konstruksi memanjang kapal
c.       Konstruksi membujur kapal
d.      Konstruksi melebar kapal
e.       Konstruksi melintang dan membujur kapal
66.  Selain membantu stabilitas kapal, ballast dan dasar berganda berguna untuk ....
a.       Menambah kekuatan melintang kapal
b.      Memuat bahan bakar
c.       Menyimpan air minum untuk di kapal
d.      Menampung air got kapal
e.       Menyimpan barang-barang kapal (gudang)
67.  Di dalam dasar berganda atau double bottom ada yang di sebut WRANG, yang terdiri dari 3 macam yaitu wrang terbuka, wrang tertutup dan wrang penuh. Sebutkan suku bagian dari wrang penuh .......
a.        Bracker
b.      Lempeng samping
c.       Penguat batang rata
d.      Gading-gading membujur dasar bawah
e.       Lobang piringan
68.  Sebutkan suku bagian wrang terbuka pada sistem krangka melintang di bawah ini ........
a.       Lubang air
b.      Lubang udara
c.       Pnguat batang
d.      Man hole (lubang orang)
e.       Lubang peringan 
69.  Gading-gading pada haluan jaraknya lebih rapat satu sama lain pada jarak kurang lebih ..........panjang kapal dari linggi
a.       20 %
b.      18%
c.       26%
d.      15%
e.       13%
70.  Suatu bilangan dalam milimeter yang menujukan perubahan sarat kapal jika berlayar dari air tawar ke lautan atau sebaliknya adalah .....
a.       DWA
b.      Volume
c.       DWT
d.      FWA
e.       Berat jenis
71.  Sebtkan gambar kemudi di bawah ini
a.       Kemudi semi berimbang
b.      Kemudi biasa
c.       Kemudi berimbang
d.      Kemudi luar biasa
e.       Kemudi berimbang dan semi berimbang
72.  Sebutkan type geladak kapal di bawah ini
a.       Kapal geladak rata
b.      Kapal geladak tenda
c.       Kapal geladak tiga pulau
d.      Kepal geladak shelter tertutup
e.       Kapal geladak shelter

ESSAI
1.      Jelaskan 5 bagian kapal !
2.      Jika Bulbous kapal mengalami kebocoran, apakah kapal akan tenggelam ?mengapa demikian ?
3.      Sebuah kapal memiliki LPP 122M, LWL 127 M, B 19M, T 11M, dan CB = 0,6 , maka hitunglah displacemen kapal !
4.      Jelaskan 5 jenis haluan dan 5 jenis buritan !
5.      Sebutkan dan gambarkan titik-titik penting dalam stabilitas !
6.      a.. Apa pengertian dari Plimsol Mark
b. Apa pengertian pintu kedap air
c. Apa pengertian haluan
d. Apa pengertian buritan
7.      tuliskan 10 bagian kapal
8.      Tuliskan fungsi dari sekat kedap air di kapal
9.      Sebutkan titik-titik penting pada stabilitas kapal
10.   

Comments

  1. What is the best mobile casino in the world? - DRMCD
    It is a great solution for 하남 출장샵 all types of 바카라 players. It can be an easy to navigate 밀양 출장마사지 online 부산광역 출장샵 casino, if you know where to play, with online 울산광역 출장샵 casino

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts