CONTOH SOAL PILIHAN GANDA PERATURAN PENCEGAHAN TUBRUKAN DI LAUT 1972


NAUTIKA 





1.       Pengamatan (Look out) harus selalu di lakukandi sepanjang jam jaga pelayaran ataupun jam jaga pelabuhan, terutama untuk memenuhi aturan ........
a.       Aturan 1
b.       Aturan 2
c.       Aturan 3
d.       Aturan 5
e.       Aturan 4
2.       Siapakah yang berwenang mengatur tuga jaga navigasi ? ............
a.       Nakhoda kapal
b.       Perusahaan
c.       Kkm ( kepala kamar mesin)
d.       Sebagaimana kesepakatan bersama
e.       Hasil rapat di kapal
3.       Fitnes atau kebugaran harus di lakukan sebelum menjalankan tugas jaga, sebagaimana yang tercantum dalam .....
a.       STCW 2010 amandemen Manila
b.       STCW’95 bab I
c.       STCW 1995 babV III section A
d.       SOLAS (safety life at sea) 1994
e.       P2TL
4.       Semua orang yang di tunjuk untuk menjalankan tugas jaga sebagai perwira ataupun sebagai anak buah kapal yang mengambil bgian dalam suatu tugas jaga harus di beri waktu istirahat paling sedikit yaitu .......... jam
a.       12 jam setiap periode 24 jam
b.       10° setiap periode 24 jam
c.       10 jam setiap periode 12 jam
d.       8 jam per hari
e.       24 jam setiap hari
5.       Jam-jam istirahat hanya boleh dibagi dalam dua periode istirahat yang salah satunya tidak kurang dari ......... jam
a.       1°
b.       2 jam
c.       3 jam
d.       6 jam
e.       5 jam
6.       Pada situasi seperti apa aturan istirahat tersebut bisa di langgar ? .......
a.       Situasi kapal di pelabuhan
b.       Situasi kapal di Docking
c.       Situasi kapal darurat, situasi latihan di kapal atau kondisi opraional mendesak
d.       Situasi kapal bongkar di pelabuhan dan kapal aman
e.       Situasi kapal di bajar orang tidak di kenal
7.       Batas minimum waktu istirahat di kapal yaitu ......
a.       1 jam
b.       3 jam
c.       5 jam
d.       6 jam
e.       7 jam
8.       Siapakah yang bertanggung jawab atas jam tertentu tugas jaga navigasi ? .......
a.       Nakhoda kapal
b.       Chief Officer
c.       Kepala kamar mesin
d.       OOW (Officer on watch)
e.       Navigator
9.       Di bawah ini situasi berbahaya di kapal adalah ......
a.       Kapal lagi bongkar/muat di pelabuhan
b.       Kapal lagi berlayar dilaut lepas
c.       Kandas, kebakaran, tubrukan, bocor
d.       Kapal dalam situasi berhadap-hadapan
e.       Kapal karam
10.   Siapakah yang harus selalu menyadari dan  mengambil setiap tindakan pencemaran ? ..........
a.       Peraturan internasional tentang ANNEX I_V
b.       Semua crew kapal
c.       Kapten
d.       Wakil perusahaan
e.       Deck Officer
11.   Semua tindakan pencegahan mengacu pada ........
a.       Peraturan internasional dan peraturan setempat yang berlaku
b.       ANNEX ( peraturan pencegahan sampah)
c.       ANNEX VI peraturan pencegahan kotoran manusia
d.       ANNEX I peraturan pencegahan oleh minyak di laut
e.       ANNEX II peraturan pencegahan oleh bahan berbahaya
12.   Apa saja yang harus di waspadai secara visual atau tampak mata ketika sedang melaksanakan tugas jaga navigasi ..........
a.       Kayu terapung di lautan karena sisa dari tumpajan kapal kayu
b.       Besi besar terapung. Karena sangat berbahaya terhadap kapal
c.       Perubahan situasi, tubrukan, kandas
d.       Perubahan situasi, kapal dalam situasi berhadap hadapan dan situasi kapal di sekitar
e.       Semua benar
13.   Apabila di siang hari dalam situasi kapal berlayar di laut lepas. situasi sekitar aman, faktor yang relevan telah benar-benar di perhitungkan dan bantuan petugas jaga mudah di peroleh maka pada siang hari petugas jaga navigasi dapat ........
a.       Mengajak teman jaga ke anjungan
b.       Mengajar taruna praktek
c.       Mengajak nakhoda jaga navigasi
d.       Melakukan jaga sendiri
e.       Jaga bersama engine Crew
14.   Ketika jam jaga telah selsai maka tugas jaga sebelumnya .......
a.       Menyerahkan tugas kepada nakhoda
b.       Menyerahkan tugas jaga kepada orang yang ada
c.       Menyeahkan tugas jaga kepada orng mesin
d.        Serah terima tugas jaga kepada perwira jaga selanjutnya
e.       Semua salah
15.   Ketika terjadi kabut atau pandanga terbatas di laut maka yang harus di lakukan perwira jaga adalah ..........
a.       Memberi tahu semua crew kapal pakai alarm
b.       Nyalakan alarm
c.       Memberi tahu nakhoda
d.       Membawa kapal dengan sigap dan hati-hati
e.       Membawa kapal jika merasa mampu
16.   Perwira jaga selanjutnya mengalami sakit dan tidak bisa melaksanakan tugas jaga. Maka sebagai perwira jaga harus ........
a.       Memberi obat penenang
b.       Menangani dan mengobati
c.       Memberi bantuan kepada yang sakit
d.       Memberi tahu nakoda
e.       Melanjutkan tugas jaga menggantikan yang sakit
17.   Pada jam 00-04.00 petugas perwira jaga adalah ..........
a.       Nakhoda
b.       Chief mate
c.       Mualim II
d.       Mualim III
e.       Masinis IV
18.   Ketika sedang melaksanakan tugas jaga pada malam hari apa saja alat navigasi yang di perlukan ..........
a.       Menyalakan lampu di anjungan
b.       Standby radar, gps, loran & decca
c.       Semua alat navigasi
d.       Inmarsat-C, kemudi darurat, kemudi utama, gps
e.       Track recorder, SART
19.   Apabila telah tiba waktu serah terima jaga, tetapi sedang menghindari bahaya atau sedang melakukan olah gerak, maka tindakan perwira jaga yaitu ............
a.       Meminta ganti karena waktu jaga telah selsai
b.       Menyelsaikan dahulu sampai bahaya telah lewat an olah grak selsai
c.       Beritahu nakhoda bahwa waktu jaga telah selsai
d.       Kembali ke tempat istirahat
e.       Semua benar
20.   Aturan-aturan dalam “Peraturan Pencegahan Tubrukan Di Laut”  berguna bagi ........
a.       Semua kapal yang berlayar didunia
b.       Seluruh negara yang mempunyai poros maritim
c.       Semua kapal laut
d.       Semua kapal laut dan WIG
e.       Semua salah
21.   Bagian pemisah lalu lintas di laut disebut ..........
a.       TSS (trafic sparation scheme)
b.       Aksalat
c.       LT (local time)
d.       MT (meridian time)
e.       IMO (international maritime organitation)
22.   Di bawah ini merupakan kapal –kapal yang tidak dapat mengikuti aturan-aturan yang sesuai dengan penempatan penerangan navigasi, kecuali ...............
a.       Kapal-kapal untukmelakukan kegiatan tertentu
b.       Kapal-kapal untuk mengangkut muatan berat
c.       Kapal selam
d.       Kapal untuk mengangkut pesawat terbang
e.       Kapal patroli
23.   Yang di maksud kapal tanpa berat benaman (displacement) adalah .....
a.       Pesawat terbang laut (WIG)
b.       Kapal yang sedang menangkap ikan
c.       Kapal tunda
d.       Kapal kosong tanpa muatan
e.       Kapal kayu
24.   Aturan III dalam P2TL mencakup “Definisi Umum”, yang di maksud dalam arti “kapal yang tidak terkendali” adalah ..........
a.       Semua kapal yang ikatannya lepas dari buoy
b.       Kapal yang karena sesuatu keadaan istimewa tidak mampu untuk mengolah gerak
c.       Kapal yang terbawa arus sehingga tidak dapat mengolah gerak
d.       Kapal yang sifat pekerjaannya mengakibatkan kemampuan olah geraknya terbatas
e.       Kapal yang di gunakan untuk memasang markah navigasi
25.   TSS (trafic sparation scheme) mengatur dalam alur prlayaran sempit, berikut ini yang termasuk dlam alur pelayaran sempit adalah kecuali...............
a.       Selat
b.       Teluk
c.       Sungai
d.       Daerah RIG
e.       Danau
26.   Faktor-faktor yang harus di perhatikan pada saat melaksanakan dinas jaga kapal adalah ........
a.       Faktor kedalaman laut
b.       Faktor cuaca, kekuatan arus, angin
c.       Faktor sifat-sifat olah gerak kapal
d.       Faktor sumber daya manusia
e.       Keadaan muatan yang di bawa
27.   Selama kapal berada si pelabuhan, hal apa saja yahng harus di perhatikan, dilaksanakan dan di catat .........
a.       Pasang surrut daerah pelabuhan, ronda keliling pada saat tertentu pada bagian kapal dan membaca draft dan mencatat ship condition
b.       Mencegah terjadinya pelanggaran polusi udara maupun polusi air laut, mearang orang-orang tidak berkepentingaan naik kapal
c.       Mengontrol pemakaian air, meninggalkan kapal
d.       Tidak meninggalkan kapal
e.       Memperhatikan tangga dan tros serta memasang rat guard
28.   Berikut ii hal yang harus di pertimbangkan seorang pemimpin kapal dalam mengambil keputusan komposisi tugas jaga navigasi adalah ..........
a.       SDM dan alat navigasi di anjungan
b.       Kondisi cuaca dan jarak tampak siang maupun malam hari
c.          Anjungan tidak boleh di tinggalkan dalam keadaan tidak ada seorangpun
d.       Adamya bahaya navigasi, bahaya tubrukan dan bvahaya kebakaran
e.       Semua benar
29.   Dalam hal melaksanakan pengamatan (look out) , hal apa saja yang harus di perhatikan ? .....
a.       Beban kerja tambahan yang bersifat mendadak
b.       Jarak tampak, keadaan cuaca dan keadaan laut
c.       Perhatian khusus pada daerah sempit
d.       Keyakinan dan pengalaman kompetensi profesional
e.       Memperhatikan alat navigasi
30.   Sewaktu berlayar dan terjadi jarak nampak terbatas, apa saj ahal yang harus di perhatikan dalam keadaan tersebut ? .............
a.       Kapal-kapal tenaga harus mempersiapkan mesin supaya daopat di olah gerak sewaktu terjadi hal yang tidak di inginkan
b.       Berlayar dengan kecepatan aman, memperhatian penerangan, memperhatikan sekeliling kapal dan memperdengarkan isyarat kabut
c.       Memperhatian alat navigasi supaya berjalan secara efektif terus menerus
d.       Menghindar dari berlayar beriirngan dengan kapal lain
e.       Stop mesin
31.   Ada beberapa jenis sarana dan prasarana alat pengamatan secara visual, salah satunya adalah ........
a.       Radar
b.       GPS (global positioning system)
c.       Navigational telex
d.       Binocular
e.       Stering
32.   Pada keadaan kapal terbatas olah geraknya maka yang harus di perlihatkan pada siang hari adalah ...........
a.       Lampu tiang warna putih
b.       Bola bola hitam di ikan di anjungan
c.       Sosok benda bersusun tegak berupa bola bola hitam berjumlah 3 buah
d.       Tiga sosok benda di ikat di tiang belakang
e.       Lampu main mast merah nyala keliling
33.   Isyarat kabut yang di berikan ketika terjadi penglihatan terbatas adalah .........
a.       Satu tiup panjang dengan interval tidak lebih dari 2 menit
b.       Satu tiup panjang secara terus menerus
c.       Satu tiup panjang dan satu tiup pendek
d.       Tidak meniup apapun
e.       Tiga tiuppendek
34.   Bahaya tubrukan dianggap ada jika terjadi .........
a.       Kapal saling mendekat
b.       Kapal berhadap-hadapan
c.       Kapal bersilangan di bagian belakang
d.       Mendekati alur pelayaran sempit
e.       Melihat radar
35.   Satu tiup panjang secara terus menerus ( - ) artinya adalah kapal tersebut .......
a.       Kapal tidak terkendala oleh saratnya
b.       Kapal terjadi kecekalaan di sekitar
c.       Jarak tampak terbatas
d.       Kapal tidak terkendali
e.       Kapal tenaga sedang berlayar tetaoi tidak punya laju terhadap air


Essay :
1.       A. Apa saja yang harus di lakukan perwira jaga ketika kapal berlanuh jangkar ?
B. pada saat kondisi tertentu perwira jaga navigasi memberi tahu nakhoda, sebutkan bilamana hal tersebut di lakukan !
2.       Sebutkan apa tujuan opengamatan yang baik menrut aturan 5 P2TL 1972 !
3.       Apa syaratnya jika seorang perwira navigasi dapat di benarkan sebagai satu-satunya pengamat di anjungan ?
4.       Apa yang di maksud dengan kecepatan aman ?
5.       Sebutkan apa tindakan seorang navigator ketika sedang terjadi situasi berhadapan !
6.       Setiap aturan dalam P2TL 1972 harus di taati dan di laksanakan dengan memperhatikan kebiasaan pelaut yang baik.
a.       Dimana dan oleh siapa aturan-aturan ini di berlakukan ?
b.       Apa yang di maksud dengan kebiasaan pelaut yang baik ?
7.       Apa tanda yang di pasang pada kapal yang sedang menarik muatan dengan panjang tali >200 M
a.       Pada siang hari
b.       Pada malam hari
8.       Hal apa saja yang perlu and perhatikan saat kapal anda memasuki daerah tampak terbatas ?
9.       Anda sedang melakukan pengamatan sesuai aturan 5 P2TL,  apa manfaat dari menerapkan aturan 5 tersebut ?
10.   Apa yang di maksud dengan kapal berlayar tetapi berhenti ?
11. Jelaskan batas batas dimana sebuah pesawat terbang laut di anggap sebagai kapal tenaga, ?

Comments

Post a Comment

Popular Posts