CONTOH SOAL PILIHAN GANDA PERATURAN PENCEGAHAN TUBRUKAN DI LAUT 1972
NAUTIKA
1. Pengamatan
(Look out) harus selalu di lakukandi sepanjang jam jaga pelayaran ataupun jam
jaga pelabuhan, terutama untuk memenuhi aturan ........
a. Aturan
1
b. Aturan
2
c. Aturan
3
d. Aturan
5
e. Aturan
4
2. Siapakah
yang berwenang mengatur tuga jaga navigasi ? ............
a. Nakhoda
kapal
b. Perusahaan
c. Kkm
( kepala kamar mesin)
d. Sebagaimana
kesepakatan bersama
e. Hasil
rapat di kapal
3. Fitnes
atau kebugaran harus di lakukan sebelum menjalankan tugas jaga, sebagaimana
yang tercantum dalam .....
a. STCW
2010 amandemen Manila
b. STCW’95
bab I
c. STCW
1995 babV III section A
d. SOLAS
(safety life at sea) 1994
e. P2TL
4. Semua
orang yang di tunjuk untuk menjalankan tugas jaga sebagai perwira ataupun
sebagai anak buah kapal yang mengambil bgian dalam suatu tugas jaga harus di
beri waktu istirahat paling sedikit yaitu .......... jam
a. 12
jam setiap periode 24 jam
b. 10° setiap periode 24 jam
c. 10
jam setiap periode 12 jam
d. 8
jam per hari
e. 24
jam setiap hari
5. Jam-jam
istirahat hanya boleh dibagi dalam dua periode istirahat yang salah satunya
tidak kurang dari ......... jam
a. 1°
b. 2 jam
c. 3 jam
d. 6 jam
e. 5 jam
6. Pada
situasi seperti apa aturan istirahat tersebut bisa di langgar ? .......
a. Situasi
kapal di pelabuhan
b. Situasi
kapal di Docking
c. Situasi
kapal darurat, situasi latihan di kapal atau kondisi opraional mendesak
d. Situasi
kapal bongkar di pelabuhan dan kapal aman
e. Situasi
kapal di bajar orang tidak di kenal
7. Batas
minimum waktu istirahat di kapal yaitu ......
a. 1
jam
b. 3
jam
c. 5
jam
d. 6
jam
e. 7
jam
8. Siapakah
yang bertanggung jawab atas jam tertentu tugas jaga navigasi ? .......
a. Nakhoda
kapal
b. Chief
Officer
c. Kepala
kamar mesin
d. OOW
(Officer on watch)
e. Navigator
9. Di
bawah ini situasi berbahaya di kapal adalah ......
a. Kapal
lagi bongkar/muat di pelabuhan
b. Kapal
lagi berlayar dilaut lepas
c. Kandas,
kebakaran, tubrukan, bocor
d. Kapal
dalam situasi berhadap-hadapan
e. Kapal
karam
10. Siapakah
yang harus selalu menyadari dan
mengambil setiap tindakan pencemaran ? ..........
a. Peraturan
internasional tentang ANNEX I_V
b. Semua
crew kapal
c. Kapten
d. Wakil
perusahaan
e. Deck
Officer
11. Semua
tindakan pencegahan mengacu pada ........
a. Peraturan
internasional dan peraturan setempat yang berlaku
b. ANNEX
( peraturan pencegahan sampah)
c. ANNEX
VI peraturan pencegahan kotoran manusia
d. ANNEX
I peraturan pencegahan oleh minyak di laut
e. ANNEX
II peraturan pencegahan oleh bahan berbahaya
12. Apa
saja yang harus di waspadai secara visual atau tampak mata ketika sedang
melaksanakan tugas jaga navigasi ..........
a. Kayu
terapung di lautan karena sisa dari tumpajan kapal kayu
b. Besi
besar terapung. Karena sangat berbahaya terhadap kapal
c. Perubahan
situasi, tubrukan, kandas
d. Perubahan
situasi, kapal dalam situasi berhadap hadapan dan situasi kapal di sekitar
e. Semua
benar
13. Apabila
di siang hari dalam situasi kapal berlayar di laut lepas. situasi sekitar aman,
faktor yang relevan telah benar-benar di perhitungkan dan bantuan petugas jaga
mudah di peroleh maka pada siang hari petugas jaga navigasi dapat ........
a. Mengajak
teman jaga ke anjungan
b. Mengajar
taruna praktek
c. Mengajak
nakhoda jaga navigasi
d. Melakukan
jaga sendiri
e. Jaga
bersama engine Crew
14. Ketika
jam jaga telah selsai maka tugas jaga sebelumnya .......
a. Menyerahkan
tugas kepada nakhoda
b. Menyerahkan
tugas jaga kepada orang yang ada
c. Menyeahkan
tugas jaga kepada orng mesin
d. Serah terima tugas jaga kepada perwira jaga
selanjutnya
e. Semua
salah
15. Ketika
terjadi kabut atau pandanga terbatas di laut maka yang harus di lakukan perwira
jaga adalah ..........
a. Memberi
tahu semua crew kapal pakai alarm
b. Nyalakan
alarm
c. Memberi
tahu nakhoda
d. Membawa
kapal dengan sigap dan hati-hati
e. Membawa
kapal jika merasa mampu
16. Perwira
jaga selanjutnya mengalami sakit dan tidak bisa melaksanakan tugas jaga. Maka
sebagai perwira jaga harus ........
a. Memberi
obat penenang
b. Menangani
dan mengobati
c. Memberi
bantuan kepada yang sakit
d. Memberi
tahu nakoda
e. Melanjutkan
tugas jaga menggantikan yang sakit
17. Pada
jam 00-04.00 petugas perwira jaga adalah ..........
a. Nakhoda
b. Chief
mate
c. Mualim
II
d. Mualim
III
e. Masinis
IV
18. Ketika
sedang melaksanakan tugas jaga pada malam hari apa saja alat navigasi yang di
perlukan ..........
a. Menyalakan
lampu di anjungan
b. Standby
radar, gps, loran & decca
c. Semua
alat navigasi
d. Inmarsat-C,
kemudi darurat, kemudi utama, gps
e. Track
recorder, SART
19. Apabila
telah tiba waktu serah terima jaga, tetapi sedang menghindari bahaya atau
sedang melakukan olah gerak, maka tindakan perwira jaga yaitu ............
a. Meminta
ganti karena waktu jaga telah selsai
b. Menyelsaikan
dahulu sampai bahaya telah lewat an olah grak selsai
c. Beritahu
nakhoda bahwa waktu jaga telah selsai
d. Kembali
ke tempat istirahat
e. Semua
benar
20. Aturan-aturan
dalam “Peraturan Pencegahan Tubrukan Di Laut”
berguna bagi ........
a. Semua
kapal yang berlayar didunia
b. Seluruh
negara yang mempunyai poros maritim
c. Semua
kapal laut
d. Semua
kapal laut dan WIG
e. Semua
salah
21. Bagian
pemisah lalu lintas di laut disebut ..........
a. TSS
(trafic sparation scheme)
b. Aksalat
c. LT
(local time)
d. MT
(meridian time)
e. IMO
(international maritime organitation)
22. Di
bawah ini merupakan kapal –kapal yang tidak dapat mengikuti aturan-aturan yang
sesuai dengan penempatan penerangan navigasi, kecuali ...............
a. Kapal-kapal
untukmelakukan kegiatan tertentu
b. Kapal-kapal
untuk mengangkut muatan berat
c. Kapal
selam
d. Kapal
untuk mengangkut pesawat terbang
e. Kapal
patroli
23. Yang
di maksud kapal tanpa berat benaman (displacement) adalah .....
a. Pesawat
terbang laut (WIG)
b. Kapal
yang sedang menangkap ikan
c. Kapal
tunda
d. Kapal
kosong tanpa muatan
e. Kapal
kayu
24. Aturan
III dalam P2TL mencakup “Definisi Umum”, yang di maksud dalam arti “kapal yang
tidak terkendali” adalah ..........
a. Semua
kapal yang ikatannya lepas dari buoy
b. Kapal
yang karena sesuatu keadaan istimewa tidak mampu untuk mengolah gerak
c. Kapal
yang terbawa arus sehingga tidak dapat mengolah gerak
d. Kapal
yang sifat pekerjaannya mengakibatkan kemampuan olah geraknya terbatas
e. Kapal
yang di gunakan untuk memasang markah navigasi
25. TSS
(trafic sparation scheme) mengatur dalam alur prlayaran sempit, berikut ini
yang termasuk dlam alur pelayaran sempit adalah kecuali...............
a. Selat
b. Teluk
c. Sungai
d. Daerah
RIG
e. Danau
26. Faktor-faktor
yang harus di perhatikan pada saat melaksanakan dinas jaga kapal adalah
........
a. Faktor
kedalaman laut
b. Faktor
cuaca, kekuatan arus, angin
c. Faktor
sifat-sifat olah gerak kapal
d. Faktor
sumber daya manusia
e. Keadaan
muatan yang di bawa
27. Selama
kapal berada si pelabuhan, hal apa saja yahng harus di perhatikan, dilaksanakan
dan di catat .........
a. Pasang
surrut daerah pelabuhan, ronda keliling pada saat tertentu pada bagian kapal
dan membaca draft dan mencatat ship condition
b. Mencegah
terjadinya pelanggaran polusi udara maupun polusi air laut, mearang orang-orang
tidak berkepentingaan naik kapal
c. Mengontrol
pemakaian air, meninggalkan kapal
d. Tidak
meninggalkan kapal
e. Memperhatikan
tangga dan tros serta memasang rat guard
28. Berikut
ii hal yang harus di pertimbangkan seorang pemimpin kapal dalam mengambil
keputusan komposisi tugas jaga navigasi adalah ..........
a. SDM
dan alat navigasi di anjungan
b. Kondisi
cuaca dan jarak tampak siang maupun malam hari
c. Anjungan tidak boleh di tinggalkan dalam
keadaan tidak ada seorangpun
d. Adamya
bahaya navigasi, bahaya tubrukan dan bvahaya kebakaran
e. Semua
benar
29. Dalam
hal melaksanakan pengamatan (look out) , hal apa saja yang harus di perhatikan ?
.....
a. Beban
kerja tambahan yang bersifat mendadak
b. Jarak
tampak, keadaan cuaca dan keadaan laut
c. Perhatian
khusus pada daerah sempit
d. Keyakinan
dan pengalaman kompetensi profesional
e. Memperhatikan
alat navigasi
30. Sewaktu
berlayar dan terjadi jarak nampak terbatas, apa saj ahal yang harus di
perhatikan dalam keadaan tersebut ? .............
a. Kapal-kapal
tenaga harus mempersiapkan mesin supaya daopat di olah gerak sewaktu terjadi
hal yang tidak di inginkan
b. Berlayar
dengan kecepatan aman, memperhatian penerangan, memperhatikan sekeliling kapal
dan memperdengarkan isyarat kabut
c. Memperhatian
alat navigasi supaya berjalan secara efektif terus menerus
d. Menghindar
dari berlayar beriirngan dengan kapal lain
e. Stop
mesin
31. Ada
beberapa jenis sarana dan prasarana alat pengamatan secara visual, salah
satunya adalah ........
a. Radar
b. GPS
(global positioning system)
c. Navigational
telex
d. Binocular
e. Stering
32. Pada
keadaan kapal terbatas olah geraknya maka yang harus di perlihatkan pada siang
hari adalah ...........
a. Lampu
tiang warna putih
b. Bola
bola hitam di ikan di anjungan
c. Sosok
benda bersusun tegak berupa bola bola hitam berjumlah 3 buah
d. Tiga
sosok benda di ikat di tiang belakang
e. Lampu
main mast merah nyala keliling
33. Isyarat
kabut yang di berikan ketika terjadi penglihatan terbatas adalah .........
a. Satu
tiup panjang dengan interval tidak lebih dari 2 menit
b. Satu
tiup panjang secara terus menerus
c. Satu
tiup panjang dan satu tiup pendek
d. Tidak
meniup apapun
e. Tiga
tiuppendek
34. Bahaya
tubrukan dianggap ada jika terjadi .........
a. Kapal
saling mendekat
b. Kapal
berhadap-hadapan
c. Kapal
bersilangan di bagian belakang
d. Mendekati
alur pelayaran sempit
e. Melihat
radar
35. Satu
tiup panjang secara terus menerus ( - ) artinya adalah kapal tersebut .......
a. Kapal
tidak terkendala oleh saratnya
b. Kapal
terjadi kecekalaan di sekitar
c. Jarak
tampak terbatas
d. Kapal
tidak terkendali
e. Kapal
tenaga sedang berlayar tetaoi tidak punya laju terhadap air
Essay :
1. A.
Apa saja yang harus di lakukan perwira jaga ketika kapal berlanuh jangkar ?
B. pada saat kondisi tertentu perwira jaga navigasi memberi tahu nakhoda,
sebutkan bilamana hal tersebut di lakukan !
2. Sebutkan
apa tujuan opengamatan yang baik menrut aturan 5 P2TL 1972 !
3. Apa
syaratnya jika seorang perwira navigasi dapat di benarkan sebagai satu-satunya
pengamat di anjungan ?
4. Apa
yang di maksud dengan kecepatan aman ?
5. Sebutkan
apa tindakan seorang navigator ketika sedang terjadi situasi berhadapan !
6. Setiap
aturan dalam P2TL 1972 harus di taati dan di laksanakan dengan memperhatikan
kebiasaan pelaut yang baik.
a. Dimana
dan oleh siapa aturan-aturan ini di berlakukan ?
b. Apa
yang di maksud dengan kebiasaan pelaut yang baik ?
7. Apa
tanda yang di pasang pada kapal yang sedang menarik muatan dengan panjang tali
>200 M
a. Pada
siang hari
b. Pada
malam hari
8. Hal
apa saja yang perlu and perhatikan saat kapal anda memasuki daerah tampak
terbatas ?
9. Anda
sedang melakukan pengamatan sesuai aturan 5 P2TL, apa manfaat dari menerapkan aturan 5 tersebut
?
10. Apa
yang di maksud dengan kapal berlayar tetapi berhenti ?
11. Jelaskan
batas batas dimana sebuah pesawat terbang laut di anggap sebagai kapal tenaga,
?
Jawaban nya manaa
ReplyDelete