1. 1. Kecepatan
kapal ketika berputar bergantung pada .....
a. Bentuk dan ukuran daun kemudi
b. Tungging
atong tonggaknya kapal
c. Moment
kemudi dan moment inertia
d. Keadaan
seimbang
e. Kemiringan
kapal
2. 2. “Crash
stop” adalah cara menghentikan kapal dengan cara ...........
a. Menghentikan
kapal saja sampai berhenti
b. Menghentikan mesin kemudian menggerakan kapal mundur hingga
kapal berhenti
c. Menurunkan
jangkar
d. Memutar
kemudi secara penuh
e. Menghntikan
kapal dengan cara di tabrakan ke suatu benda supaya cepat berhenti
3. 3. Pada kedalaman perairan kurang dari 25 m,
sebaiknya tali jangkar di area sepanjang ...........
a. Tiga
kali kedalaman laut
b. Satu setengah kali kedalaman laut
c. Enam
kali kedalaman laut
d. Sepuluh
kali kedaaman laut
e. Semua
salah
4. 4. Jarak
henti sebuah kapal setelah stop engone lebih kurang sejauh ......
a. Dua
kali panjang kapal
b. Tiga
kali panjang kapal
c. Empat
kali panjang kapal
d. Lima kali panjang kapal
e. Enam
kali panjang kapal
5. 5 Rantai
kapal dalam satu segel panjangnya adalah ..........
a. 25
m
b. 25,7
m
c. 27,5 m
d. 10
m
e. 100
m
6. Akibat
kapal yang berlabuh jangkar dengan cara merewang adalah ............
a. Rantai
jangkar putus
b. Rantai
jangkar lepas dari dasar laut
c. Menabrak
kapal yang ada di dekatnya
d. Jangkar
tidak menggigit
e. Semua benar
7. Setelah
selsai melakukan penangkapan dengan cara purse seine, setelah selsai melilitkan
jaring makakapal harus ............
a. Di atas angin
b. Di
bawah angin
c. Di
bawah arus
d. Di
atas arus
e. Menanding
arus
8. Apabila
jangkar sulit untuk di hibob ( tarik) maka tindakan yang harus di lakukan
adalah ........
a. Area kembali rantai jangkar sampai jangkar tercabut
b. Kencangkan
rantai jangkar pada stoper
c. Lepaskan
jangkar
d. Putuskan
rantai jangkar
e. Kencangkan
rantai jangkar kemudian kapal maju mundur
9. Yang
sangat berpengaruh pada saat olah gerak kapal adalah ..............
a. Bentuk badan kapal di bawah air
b. Muatan
kapal
c. Kemudi
kapal
d. Kecepatan
kapal
e. Dalam
dan lebar perairan
10. Jika
terjadi arus dan angin searah, maka posisi olah gerak kapal pole and line pada
saat memancing adalah ..........
a. Melintang
angin dan arus
b. Membujur
angin dan arus
c. Di
atas angin
d. Di atas angin dan arus
e. Di
bawah angin dan arus
- Tindakan nakhoda secara
administrasi yang di lakukan pada saat kapal kandas adalah ...........
a. Tindakan
penyelamatan yang di lakukan dengan waktu yang tepat
b. Mengecek
kecepatan kapal
c. Mengecek
keadaan pasang surut dan draft kapal.
d. Mencatat kronologis kejadian dalam log book dan mencatat
kronologi kejadian
e. Memperbesar
nilai GM kapal supaya kapal lepas dari kandas
- Salah satu persiapan yang
paling tepat di lakukan ketika menghadapi cuaca buruk ..............
a. Memperbesar nilai GM kapal untuk memperbaiki stabilitas kapal
b. Stop
mesin
c. Membawa
kapal ke dekat pulau supaya tidak kena arus kuat air
d. Bunyikan
isyarat bunyi untuk memberi tahu kapal sekitar
e. Menghubungi
agen kapal
- Faktor- faktor yang harus
di perhatikan dalam menentukan panjang rantai jangkar yang harus di letgo
adalah ......
a. Dalamnya
perairan, jenis dasar laut dan kekuatan angin
b. Faktor
kedekatan antar kapal supaya tidak terjadi senggolan
c. Badai
d. Mencari
jarak terdekat ke daratan supaya gampang turun kapal
e. Mencari
tempat yang signal komunikasi kuat
- Faktor – faktor yang di
pertimbangkan ketikan mencari tempat kapal untuk berlabuh jangkar
diantaranya .............
a. Dalamnya
perairan, jenis dasar laut dan kekuatan angin
b. Faktor
kedekatan antar kapal supaya tidak terjadi senggolan
c. Badai
d. Mencari
jarak terdekat ke daratan supaya gampang turun kapal
e. Mencari
tempat yang signal komunikasi kuat
- Dalam teori dasar
hambatan dan populasi, baling-baling kapal di ibaratkan dengan ........
a. Pendorong
b. Tenaga
pendorong
c. Sekrup pendorong
d. Proppeler
e. Pitch
- Dalam sistem
baling-baling tunggal pada kapal sedang
mempunyai laju biasanya berputar .........
a. Putar
kanan
b. Berputar
searah jarum jam
c. Berputar
kiri
d. Putar
tengah
e. Salah
semua
- Penataan kemudi ikut
menentukan faktor keselamatan kapal sehingga memenuhu persyaratan yang di
tentukan oleh .......
a. Negara
b. IMO
( international maritime organittion)
c. SOLAS
( safety of life at sea)
d. Port
authority
e. Pelahuban
tujuan
- Kapal harus di lengkapi
sistem kemudi darurat, dan waktu yang di butuhkan dari kedudukan 20° kanan ke kedudukan 20° kiri membuthkan waktu tidak lebih
dari .......
a. 60’
b. 60’’
c. 60 jam
d. 60°
e. 1.5’
- Perintah kemudi “ terus begitu” adalah ............
a. Mid ship
b. Port five
c. Steady as she go
d. See you every day and one more
e. Finish with engine
- Faktor yang mempengaruhi olah gerak kapal yang bersifat tetap di
antaranya adalah ..........
a. Kapten
b. Crew kapal
c. Bentuk dan badan kapal
d. Jumlah muatan dan jumlah crew kapal
e. Faktor luar dan faktor dalam
Essay :
- Jelaskan faktor yang
meempengaruhi olah gerak kapal
a. Faktor
luar
b. Faktor
dalam
- Sebutkan faktor yang
harus di perhatikan ketika melayari area pelayran sempit !
- Apa yang harus di
persiapkan crew yang standby di haluan ketika hendak berlabuh jangar ?
- Sebutkan dan jelaskan
macam-macam baling-baling kapal !
- Sebutkan dan jelaskan
macam macam daun kemudi !
Comments
Post a Comment