SOAL OLAH GERAK KAPAL PENANGKAP IKAN NAUTIKA KAPAL PRNANGKAP IKAN NKPI





1.    1.   Kecepatan kapal ketika berputar bergantung pada .....
a.     Bentuk dan ukuran daun kemudi
b.     Tungging atong tonggaknya kapal
c.     Moment kemudi dan moment inertia
d.     Keadaan seimbang
e.     Kemiringan kapal
2.   2.    “Crash stop” adalah cara menghentikan kapal dengan cara ...........
a.       Menghentikan kapal saja sampai berhenti
b.       Menghentikan mesin kemudian menggerakan kapal mundur hingga kapal berhenti
c.       Menurunkan jangkar
d.       Memutar kemudi secara penuh
e.       Menghntikan kapal dengan cara di tabrakan ke suatu benda supaya cepat berhenti
3.  3.       Pada kedalaman perairan kurang dari 25 m, sebaiknya tali jangkar di area sepanjang ...........
a.       Tiga kali kedalaman laut
b.       Satu setengah kali kedalaman laut
c.       Enam kali kedalaman laut
d.       Sepuluh kali kedaaman laut
e.       Semua salah
4.  4.  Jarak henti sebuah kapal setelah stop engone lebih kurang sejauh ......
a.       Dua kali panjang kapal
b.       Tiga kali panjang kapal
c.       Empat kali panjang kapal
d.       Lima kali panjang kapal
e.       Enam kali panjang kapal
5. 5      Rantai kapal dalam satu segel panjangnya adalah ..........
a.       25 m
b.       25,7 m
c.       27,5 m
d.       10 m
e.       100 m
6.       Akibat kapal yang berlabuh jangkar dengan cara merewang adalah ............
a.       Rantai jangkar putus
b.       Rantai jangkar lepas dari dasar laut
c.       Menabrak kapal yang ada di dekatnya
d.       Jangkar tidak menggigit
e.       Semua benar
7.       Setelah selsai melakukan penangkapan dengan cara purse seine, setelah selsai melilitkan jaring makakapal harus ............
a.       Di atas angin
b.       Di bawah angin
c.       Di bawah arus
d.       Di atas arus
e.       Menanding arus
8.       Apabila jangkar sulit untuk di hibob ( tarik) maka tindakan yang harus di lakukan adalah ........
a.       Area kembali rantai jangkar sampai jangkar tercabut
b.       Kencangkan rantai jangkar pada stoper
c.       Lepaskan jangkar
d.       Putuskan rantai jangkar
e.       Kencangkan rantai jangkar kemudian kapal maju mundur
9.       Yang sangat berpengaruh pada saat olah gerak kapal adalah ..............
a.       Bentuk badan kapal di bawah air
b.       Muatan kapal
c.       Kemudi kapal
d.       Kecepatan kapal
e.       Dalam dan lebar perairan
10.   Jika terjadi arus dan angin searah, maka posisi olah gerak kapal pole and line pada saat memancing adalah ..........
a.       Melintang angin dan arus
b.       Membujur angin dan arus
c.       Di atas angin
d.       Di atas angin dan arus
e.       Di bawah angin dan arus
  1. Tindakan nakhoda secara administrasi yang di lakukan pada saat kapal kandas adalah ...........
a.       Tindakan penyelamatan yang di lakukan dengan waktu yang tepat
b.       Mengecek kecepatan kapal
c.       Mengecek keadaan pasang surut dan draft kapal.
d.       Mencatat kronologis kejadian dalam log book dan mencatat kronologi kejadian
e.       Memperbesar nilai GM kapal supaya kapal lepas dari kandas
  1. Salah satu persiapan yang paling tepat di lakukan ketika menghadapi cuaca buruk ..............
a.       Memperbesar nilai GM kapal untuk memperbaiki stabilitas kapal
b.       Stop mesin
c.       Membawa kapal ke dekat pulau supaya tidak kena arus kuat air
d.       Bunyikan isyarat bunyi untuk memberi tahu kapal sekitar
e.       Menghubungi agen kapal
  1. Faktor- faktor yang harus di perhatikan dalam menentukan panjang rantai jangkar yang harus di letgo adalah ......
a.       Dalamnya perairan, jenis dasar laut dan kekuatan angin
b.       Faktor kedekatan antar kapal supaya tidak terjadi senggolan
c.       Badai
d.       Mencari jarak terdekat ke daratan supaya gampang turun kapal
e.       Mencari tempat yang signal komunikasi kuat
  1. Faktor – faktor yang di pertimbangkan ketikan mencari tempat kapal untuk berlabuh jangkar diantaranya .............
a.       Dalamnya perairan, jenis dasar laut dan kekuatan angin
b.       Faktor kedekatan antar kapal supaya tidak terjadi senggolan
c.       Badai
d.       Mencari jarak terdekat ke daratan supaya gampang turun kapal
e.       Mencari tempat yang signal komunikasi kuat
  1. Dalam teori dasar hambatan dan populasi, baling-baling kapal di ibaratkan dengan ........
a.       Pendorong
b.       Tenaga pendorong
c.       Sekrup pendorong
d.       Proppeler
e.       Pitch
  1. Dalam sistem baling-baling tunggal pada kapal sedang  mempunyai laju biasanya berputar .........
a.       Putar kanan
b.       Berputar searah jarum jam
c.       Berputar kiri
d.       Putar tengah
e.       Salah semua
  1. Penataan kemudi ikut menentukan faktor keselamatan kapal sehingga memenuhu persyaratan yang di tentukan oleh .......
a.       Negara
b.       IMO ( international maritime organittion)
c.       SOLAS ( safety of life at sea)
d.       Port authority
e.       Pelahuban tujuan
  1. Kapal harus di lengkapi sistem kemudi darurat, dan waktu yang di butuhkan dari kedudukan 20° kanan ke kedudukan 20° kiri membuthkan waktu tidak lebih dari .......
a.       60’
b.       60’’
c.       60 jam
d.       60°
e.       1.5’
  1. Perintah kemudi “ terus begitu” adalah ............
a.       Mid ship
b.       Port five
c.       Steady as she go
d.       See you every day and one more
e.       Finish with engine
  1. Faktor yang mempengaruhi olah gerak kapal yang bersifat tetap di antaranya adalah ..........
a.       Kapten
b.       Crew kapal
c.       Bentuk dan badan kapal
d.       Jumlah muatan dan jumlah crew kapal
e.       Faktor luar dan faktor dalam  



Essay :
  1. Jelaskan faktor yang meempengaruhi olah gerak kapal
a.       Faktor luar
b.       Faktor dalam
  1. Sebutkan faktor yang harus di perhatikan ketika melayari area pelayran sempit !
  2. Apa yang harus di persiapkan crew yang standby di haluan ketika hendak berlabuh jangar ?
  3. Sebutkan dan jelaskan macam-macam baling-baling kapal !
  4. Sebutkan dan jelaskan macam macam daun kemudi !

Comments

Popular Posts